Thursday, May 4, 2017

Cara Belajar Membaca Al Quran dengan Baik dan Benar

Membaca dan memahami ayat ayat Al Quran adalah sebuah keharusan bagi seluruh Umat, karena Al Quran diturunkan oleh Allah untuk seluruh makhluk Nya bukan hanya untuk ummat islam, hanya saja masih banyak yang belum sadar akan hal ini, bukankah nabi Muhammad adalah Khataman Nabi? Yang berarti Penutup para nabi, yang ajarannya bagi seluruh umat yang sekarang? , maka dari itu sangat penting sekali mengetahui cara membaca Al Quran yang baik dan benar apalagi bagi kita ummat islam, masak ia mau kalah sama orientalis, ini sangat penting karena apabila salah membaca satu huruf saja, maka artinyapun akan berbeda, berikut ini cara membaca Al Quran yang baik dan benar :

1. Harus hafal huruf hijaiyah

Untuk tahap awal, kita harus kenal dulu dengan huruf huruf yang ada di dalam Al Quran, yang hampir sama dengan huruf alphabet. Huruf hijaiyah berjumlah dua puluh delapan huruf. Ini adalah modal awal kita untuk bisa membaca Al Quran, jika huruf huruf yang ada 28 itu sudah kita hafal, maka kita sudah mempunyai modal awal.

2. Belajar Makharijul Huruf

Sahabat, setelah menghafal huruf hujaiyah, alangkah baiknya jika kita langsung belajar makharijul huruf, karena sambil menyelam minum air, sambil mengulang ngulang hafalan huruf hijaiyah sambil belajar makhraj, hal ini agar kita akan merasa mudah dan indah melafadzkan huruf huruf nya.

 3. Mengenali tanda baca

Tanda baca antara bahasa indonesia dengan bahasa Al Quran tentu berbeda, setelah kita lulus dalam makharijul huruf, kita bisa mulai belajar untuk memahami tanda baca dalam bahasa Arab, dan ini mudah kok.  yang paling pentingnya ada 3, fathah , kashrah dan dhammah.

 4. Belajar tajwid

Tajwid, adalah ilmu tentang tata cara membaca Al Quran yang baik dan benar. Nah, ini adalah puncaknya kita dalam belajar membaca Al Quran, setelah menghafal huruf hijaiyah, belajar makhraj dan mengenali tanda baca, maka langkah selanjutnya ialah belajar tajwid, ini yang merupakan sedikit rumit, karena memang hukum hukumnya yang lumayan banyak. Tapi ingat sahabat, apabila makhraj kita sudah tepat, tajwid kita bagus maka bacaan kita pasti akan sangat indah didengar, walaupun suara kita cempreng, ( hehehe ) karena yang membuat bacaan itu bagus bukan suaranya, tapi tajwid dan makharijul huruf nya. Dijamin bakalan ketagihan baca Al Quran kalau Makhraj dan Tajwidnya udah bener. Selamat mencoba.😊

No comments:

Post a Comment

close