Cara Membaca Alif Sukun atau Alif Mati

Tuntunan Belajar Tajwid bagi Pemula Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i Ilmu Tajwid Kilat Pintar Tajwid: Panduan Belajar Tajwid Tanpa Guru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Alhamdulillahi Rabbil 'alamin,
Allahuma Shalli 'ala Muhammad wa 'ala Ali Muhammad.

Masih Allah titipkan kesempatan menikmati bulan Nya yang mulia ini ya sahabat, Masih Allah titipkan Nikmat sehat ini kepada kita, sehingga Alhamdulillah, pada malam ke enam bulan Ramadhan ini, kita masih dapat semangat terus menerus untuk berlomba lomba dalam hal kebaikan, Fastabiqul khairat, dan semoga Akan terus seperti itu.

Alhamdulillah, sudah berapa juz tadarus nya sahabat? Semoga sudah sampai lima juz ya, hehe one day one juz insyaAllah.
Baiklah sahabat, pada malam yang semoga Allah selalu curah limpahkan Rahmat Nya, kita akan membahas mengenai tata cara membaca Al Quran khususnya huruf Alif Mati, atau sukun sahabat.
Kalian tentu masih ingat ya, bahwa salah satu tanda baca di dalam Al quran itu adalah sukun, masih ingat kan ? Ayo diingat kembali.

Sukun atau tanda mati, sahabat.
Jika sahabat menemukan ada huruf Alif Sukun atau bertanda mati, maka cara Membacanya yang benar ialah dengan berasal dari pangkal tenggorokan, dan ketika membacanya sahabat seolah olah mati, tidak bernafas, tapi hanya beberapa detik saja, ingat ya sahabat berhenti, tidak ada nafas yang keluar, seperti ada huruf K dibelakangnya. Huruf apa saja yang sahabat dapati sebelum huruf Alif Mati ini, maka sahabat wajib membacanya dengan bacaan seolah olah huruf k. Seperti contoh dibawah ini sahabat, 

يأكلون  , سألت، يأتيه، يأكل
Cara Membacanya ialah Yak Kuluna, bukan ya'kuluna, jika sahabat tidak memberhentikan nafas seperti orang mati ketika membacanya, maka itu berarti bahwa bacaan sahabat Masih salah, dan Makharijul hurufnya masih keliru.
Sederhana ya sahabat, tapi jika terbiasa membenarkan yang salah maka tentu hal ini menjadi tidak baik.
Biasakan memperhatikan hal hal yang sepele ya sahabat, karena jika keliru nanti maknanya bisa berubah dan berbeda.
Wallahua'lam Bishshawab.
Lebih dan kurang nya itu datang dari saya, semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita .
Semoga bermanfaat, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.