Cara membaca hukum izhar


Assalamualaikum sahabat. 

Semoga limpahan Rahmat dan karunia Allah hari ini, kemarin dan yang akan datang akan selalu kita gunakan untuk selalu tazdidunniyat dan bacaan AL quran kita yah,  selalu mengupdate bacaan yang benar dan belajar al quran yang giat.

Alhamdulillah,  pada kesempatan kali ini kita masih bisa kembali bertemu dalam rangka thalabul 'ilmi. Pada kesempatan kali ini,  mari kita belajar tata cara membaca Al Quran , dalam hal ini terkait huruf izhar dengan baik dan benar yah. 
Hukum hukum dalam membaca AL quran yang baik dan benar tidak begitu banyak,  mulai dari izhar,  idgham,  iqlab dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan yang bahagia ini,  saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara membaca huruf izhar yang benar dan baik. 

Sahabat,  huruf huruf di Dalam Al quran,  yang berjumlah 29 huruf,  memiliki makharijul huruf dan hukum bacaan masing masing,  tergantung kepada tanda baca yang mendahuluinya. 

Pada kesempatan beberapa waktu yang lalu,  saya sudah menjelaskan sedikit saja mengenai beberapa tanda baca yang ada di dalam Al aquran,  mulai dari fathah,  kashrah,  dhammah. 

Hukum membaca AL quran terbagi menjadi dua yakni ada hukum membaca nun mati/ tanwin dan mim mati/tanwin. 

Dan hukum membaca Huruf izhar termasuk kepada Hukum nun mati/tanwin. 
Apabila ada nun mati/tanwin yang bertemu dengan huruf izhar,  maka harus dibaca dengan jelas atau izhar. 

Izhar ini,  berasal dari kata dzhahara yang berarti terlihat.
Cara membacanya yaitu dengan jelas,  tanpa dengung. 

Lalu,  huruf apa saja yang termasuk huruf izhar?
Huruf izhar,  berjumlah 6 huruf  yaitu alif,  ha, kha, 'ain, gha dan hamzah.