728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, May 9, 2017

Cara membaca huruf Alif yang benar


Makharaijul huruf dalam tata cara membaca Al Quran adalah sebuah ilmu tentang tempat tempat keluarnya huruf atau Sumber keluarnya huruf. 

Seluruh huruf hijriyah di dalam Al Quran memiliki makharij masing masing.  Di dalam kitab Terjemahan Tafsiriyah matan manzhuma jazariyah menyebutkan bahwa tempat tempat keluarnya huruf itu ada 17 untuk 29 huruf huruf hijriyah,  yang merupakan pendapat terpilih dari para ulama ahli Qiraah.

Huruf Alif disebutkan dalam kitab itu ialah terdapat pada rongga yang mencakup rongga tenggorokan hingga rongga mulut,  terdapat alif dan saudari saudarinya yakni huruf huruf mad ( waw mad dan ya mad)  .

Sementara itu,  Cara membaca huruf Alif yang benar ialah suara harus berasal dari pangkal tenggorokan, ( ingat ya,  pangkal tenggorokan), membacanya tidak boleh dengan ghunnah atau dengung karena huruf alif ini memiliki sifat jahr dan syiddah, harus dibaca jelas,  dibaca harus dengan mulut terbuka lebar. 
Mudahkan,  Semoga setelah membaca artikel ini,  tidak salah lagi ya membaca huruf Alif nya,  jangan sampai membaca huruf alif sama dengan 'ain. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara membaca huruf Alif yang benar Rating: 5 Reviewed By: Anita aa