Cara membaca huruf ف ( Fa )

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Bagaimana kabarnya sahabat ? Sudahkah kita membaca Alqur'an hari ini ? Sudah berapa banyak ayat yang telah kita baca hari ini? Atau, sudah seberapa benar tata cara membaca Al Quran kita ?

Sahabat, ketahuilah bahwa membaca Al Qur'an tidak sama dengan membaca Buku buku biasa, jika membaca buku buku biasa kita salah maka maknanya tidak akan berbeda jauh dari yang kita baca, namun tidak halnya dengan Ql Qur'an, apabila salah kita membacanya maka makna dari apa yang kita baca akan jauh berbeda dari apa yang kita baca.

Alhamdulillah, semoga kita senantiasa selalu membaca Al Qur'an dengan Tartil dan senantiasa selalu memperbaiki bacaan kita.

Baiklah sahabat, kali ini kita akan belajar Makharijul huruf kembali, dikarenakan materi yang kemarin materi yang saya sampaikan lompat lompat atau lebih tepatnya kurang tertata dan teratur. Hehe
Kali ini, saya akan membahas mengenai cara membaca huruf ف   yang baik dan benar.
Huruf ف , bila dibaca dengan Tulisan Fa ya, bukan pa, Di dalam Makharijul huruf Hijaiyah tidak ada pelafalan huruf dengan pa, yang ada fa.
Cara Membacanya ialah letakkan gigi bagian tengah yang bawah ke belakang bibir lidah yang bawah, ingat yah gigi bagian bawah diletakkan ke belakang bibir bagian bawah, ada sedikit udara yang keluar dari mulut kita.
Jangan sampai salah ya sahabat, membacanya dengan huruf F pada abjad Indonesia, jangan sampai terbawa pada logat bahasa daerah masing masing, hehe karena memang dibeberapa kasus, ada orang orang yang kesulitan dalam melafadzkan huruf fa ini, malah terkadang terkesan salah, karena mereka melafadzkan nya dengan huruf P , bukan F.
Semoga yang sedikit ini bermanfaat ya sahabat, karena hal sekecil apapun apabila benar memang harus terus kita pelajari walaupun hal sepele seperti ini bahkan juga sangat sederhana.
Demikian dari saya untuk pembahasan hari ini, semoga kita selalu diistiqamahkan oleh Allah untuk terus memperbaiki bacaan Al Qur'an kita, wallahua'lam bishshawab
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.