728x90 AdSpace

Latest News
Friday, May 12, 2017

Cara membaca huruf Hijaiyah dengan Makharijul huruf yang benar

Assalamualaikum, 
Alhamdulillah, Allah masih memberikan kenikmatan serta kesehatan kepada kita,  sehingga sampai hari ini kita masih dapat terus memperbaiki bacaan tata cara membaca Al Quran kita,  masih bisa terus mempelajari makna makna bacaan serta cara membaca Al Quran kita agar menjadi benar sehingga tidak salah maknanya ketika diterjemahkan.
Alhamdulillah, pada pembahasan sebelumnya,  kita telah membahas cara membaca Makharijul huruf yang berasal dari Rongga mulut,  tenggorokan dan juga lidah,  dan untuk kali ini,  kita akan melanjutkan makharijul huruf selanjutnya. 

-Dua bibir (الشفتين )
Atau  huruf  huruf  syafatain, bibir kita dapat membaca huruf huruf Al Quran dengan benar,  jika kita mengetahui cara membacanya dan memahaminya,  dan jangan lupa mempraktekkannya, dan huruf huruf yang keluar dari Dua bibir ini  terbagi  menjadi  dua, yaitu:

a. Fa’ ( ف ) huruf fa ini,  keluar dari dalam bibir yang bawah dan juga menepati
dengan ujung dua gigi seri yang atas, gigi  bawah bagian  depan
Sedikit  diangkat  ke atas sehingga mengenai  bibir  atas, dan  apabila  kita  lebih  teliti, ada  sedikit  udara  yang  keluar  ketika  kita  membacanya.

b. ba’ ( ب ), mim ( م ), waw ( و)  keluar di antara dua bibir antara
bibir atas dan bawah.
Huruf  Ba, dibaca  dengan  mengatupkan kedua  bibir  terlebih dahulu, kemudian  melafalkan kata  Ba, dengan  mulut terbuka.
Huruf  Mim, sama  dengan  huruf  Ba, dengan  mengatupkan  kedua  bibir terlebih dahulu, kemudian  melafalkan kata  mim.
Melafalkan  huruf  waw  ini, tentu  berbeda  dengan  melafalkan huruf  ba  dan  mim, jika  kedua huruf  tersebut mengatupkan dua binir terlebih  dahulu, maka  Melafalkan huruf  Waw  ini  berbeda, dia  tidak  dengan  mengatupkan  kedua  bibir, kedua  bibir  sedikit mengatup, tapi  tidak  bersentuhan, lalu  lafalkan  kata  waw.

Demikian  untuk  materi kali  ini, dan  masih  ada  sedikit  pembahasan mengenai  makharijul huruf  ini, yang insyaallah  akan  kita  sambung  pada hari  berikutnya.
Wallahualam, semoga  dapat  dipahami, dan  memacu  kita  untuk  terus  memperbaikinya bacaan  Al  Quran  kita.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara membaca huruf Hijaiyah dengan Makharijul huruf yang benar Rating: 5 Reviewed By: Anita aa