Cara Membaca Huruf Ja

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, Wallahuakbar.

Bagaimana sahabat, sudah hampir seminggu kita berada di bulan yang mulia ini, sudahkah kita membaca Kalam Kalam Nya yang tak kalah mulianya? Sudah berapa juz sahabat? Sudahkan bacaan kita bagus dan benar sehingga tidak menyalahi dan melenceng daripada makna yang seharusnya?

Semoga saja bacaannya sudah semakin baik ya, setiap harinya.


Baiklah sahabat, pada kesempatan yang Allah berikan dengan segudang Nikmat ini, kita akan membahas mengenai cara membaca huruf Ja yang merupakan salah satu sekian banyak pembahasan dalam tata cara membaca Al Quran.


Sahabat tentunya sudah hafal ya dengan huruf ini, huruf yang bentuknya sama dengan ha, dan kha, hanya saja huruf ini memiliki titik di tengah perutnya, itulah yang membuatnya berbeda dengan dua saudara kembarnya.


Sahabat, kita telah membahas mengenai beberapa Makharijul huruf dari huruf huruf Hijaiyah yang lainnya, dan insyaAllah hari ini kita baru akan membahas mengenai cara membaca huruf Ja ini.

Huruf Ja, termasuk huruf Qalqalah, yang jika membacanya harus dengan pantulan. Makharijul huruf Ja ini, ada pada lidah ya sahabat.


Pertama, gigi gigi  sahabat yang bagian depan, baik yang atas maupun yang depan, silahkan dirapatkan , dengan mulut terbuka lebar, setelah gigi gigi rapat, mulut terbuka lebar, langkah berikutnya ialah lidah sahabat, silahkan letakkan pada gusi bagian gigi bawah.

Lalu lafalkan kata Ja, ingat ya sahabat, ketika membaca huruf ini, jangan sampai ada desahan seperti huruf c atau s atau semacamnya, jika masih ada keluar bunyi bunyi lain atau desahan maka itu pertanda bahwa huruf Ja yang sahabat baca masih salah.

Sederhanakan sahabat? Semoga semakin hari Makharijul dan tajwidnya semakin bagus ya, jangan lupa untuk terus dipraktekkan ya sahabat, dan jangan lupa untuk senantiasa terus membaca Al Qur'an dengan baik dan benar, dan tidak bosan bosannya memperbaiki dan mempelajari cara Membacanya yang baik dan benar.

Demikian dari saya, semoga yang sedikit ini bermanfaat ya sahabat, Jangan lupa untuk mengulang Sharenya kepada orang lain ya.

من تعلم القران وعلمه.

Wallahua'lam,

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.