Cara Membaca Huruf Qalqalah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, berkat Kehadiran Allah ya sahabat, kita masih bisa bertemu dengan Syahrul maghfirah ini, kita masih bisa menikmati indahnya bulan Ramadhan ini, yang Allah hanya beri kepada kita satu bulan di dalam setahunnya.

Alhamdulillah, bagaimana dengan bacaan Al Qur'an kita sahabat? Sudahkah kita membaca Al Qur'an hari ini ? Sudah berapa juz sahabat Membacanya hari ini? Semoga sudah sampai satu juz ya .

Alhamdulillah, baiklah sahabat kali ini kita akan membahas tentang salah satu tata cara membaca Al Quran yaitu Qalqalah.

Sahabat pasti sudah mengetahui atau sederhana nya sahabat pasti sudah pernah mendengarnya kan ? Atau yang lebih sederhana lagi, sahabat pasti sudah tau atau hafal mengenai huruf huruf yang termasuk ke dalam huruf qalqalah ini kan? Apa saja ?

Huruf huruf qalqalah itu ada lima, sahabat. Biasanya, para guru guru mengaji menggunakan metode dengan menyingkat rangkaian huruf huruf menjadi sebuah kata atau kalimat yang mudah diingat dan dihafal, dan untuk Huruf huruf iqlab ini, biasanya disingkat dengan " BaJuDiToKo", tau kan ?dihafal yah ? Ba itu adalah huruf Ba / ب, Ju itu huruf Ja / ج, Di itu huruf Dal / د, To itu huruf Tha / ط, Ko itu huruf Qaf/ ق .

Sudah  hafal kan ? Mudah sekali kok dihafal nya. Setelah hafal macam macam hurufnya, selanjutnya ialah bagaimana cara Membacanya.

Sahabat yang senantiasa insyaAllah selalu dirahmati Allah, cara membaca huruf huruf qalqalah ini ialah dengan dipantulkan, dan huruf huruf ini juga dibagi menjadi dua, yang pertama ialah, yang dibaca dengan cara membaca yang menyematkan lafal e setelah hurufnya, yang kedua ialah dengan menyematkan lafal o setelah hurufnya.

Paham ? Hehe, pasti belum ya, oke baiklah maksudnya ialah,

Yang pertama, huruf qalqalah yang dibaca dengan menyematkan lafal e setelah hurufnya, dan ini berlaku bagi tiga huruf qalqalah

yaitu ب، ج، د

Ketika sahabat menemukan huruf huruf ini di dalam Al Qur'an, silahkan baca dengan memantulkan nya, dan untuk tiga huruf ini ketika dipantulkan akan ada bunyi lafal e, contoh لقد،

LaQad, cara Membacanya ialah laqade, ada bunyi e dibelakangnya, begitu juga dengan huruf Ba dan ja.

Selanjutnya, ketika sahabat menemukan huruf iqlab qaf dan Tha, silahkan baca dengan later O dibelakang hurufnya, contohnya adalah فلق ،

Cara membacanya ialah Falaq,  dan jika dibaca qalqalah , maka akan menjadi Falaqo.

Alhamdulillah, demikian untuk pembahasan kali ini ya sahabat, semoga ketika membaca Al Qur'an menemukan huruf huruf ini bacaannya tidak salah lagi ya.

Demian dari saya ,

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.