Cara membaca huruf Ra / Takrir

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, Rahmat Allah dan limpahan hidayah Nya kita masih dapat terus menerus memperbaiki amalan kita sehari hari.

Sahabat, kemarin kita sudah membahas mengenai beberapa hal tentang makhraj dan mad, namun belum tuntas semua karena saya memberikan bab tata cara membaca Al Quran yang ini dengan lompat lompat, hehe maaf yah. Dan kali ini, insyaAllah kita akan membahas tentang sifat huruf  ) Ra ) ر
Baiklah ،sahabat  seluruh huruf Hijaiyah yang ada di dalam Al Quran memiliki sifat sifat dari masing masing huruf ada yang hams, syiddah, rakhawah, itu hanya sebagian contohnya saja, dan biasanya masing masing sifat tersebut memiliki beberapa huruf, akan tetapi pada kali ini kita hanya akan membahas mengenai satu sifat yang hanya memiliki satu huruf saja, yaitu sifat takrir تكرير /     yang berarti pengulangan dalam penyebutan nya.

Sifat takrir ini hanya memiliki satu huruf, atau hanya ada satu huruf yang dibaca dengan takrir, huruf apakah itu ??
Huruf yang memiliki sifat takrir tersebut yakni hanya huruf Ra / ر saja, kenapa bisa ? Karena saat kita membaca huruf ra, posisi lidah kita berada di belakang gigi dan saat kita membacanya lidah kita bergetar ke atas dan ke bawah.
Selain huruf ra ini, tidak ada lagi huruf lain yang dibacanya dengan lidah bergetar, karena memang sifat ini hanya dimiliki oleh huruf ini, dan dikhususkan untuknya.
Lidah kita, kita arahkan ke gusi bagian belakang gigi. Cara membaca huruf Ra ini, terbagi menjadi dua sahabat, yaitu Ra tebal dan Ra tipis.
Insyaallah besok kita akan mencoba membahas sedikit mengenali cara membaca huruf Ra tebal dan Ra tipis, apa saja tanda tandanya dan kenapa dia dibaca tipis serta kenapa harus dibaca tebal.
Demikian untuk pembahasan kali ini, sederhana tetapi penuh dengan makna dan semakin memperkaya ilmu serta pengetahuan kita yah sahabat, karena membaca Al Alquran dengan baik dan benar adalah keharusan bagi kita, agar kelak yang kita baca tidak akan berubah maknanya.
Demikian dari saya,
Wallahua'lam bishshawab
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.