Cara membaca Idgham Bigunnah dan bila ghunnah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji hanya Milik Nya, yang senantiasa mengarungi kita dengan segala limpahan Rahmat, hidayah, inayah, dan karuniaNya.

Shalawat serta salam, yang insyaallah selalu tercurahkan kepada baginda Rasul yang telah membawa zaman ini dari yang penuh dengan kejahiliahan menuju yang penuh dengan ukhuwah yang kita rasakan. 

Alhamdulillah.  Sahabat,  pada pertemuan kemarin,  kita telah membahas tentang hukum bacaan dan cara membaca izhar yang baik dan benar, dan pada tulisan tata cara membaca Al Quran kali ini,  saya akan memaparkan sedikit mengenai cara membaca idgham bigunnah dan idgham bilagunnah. 

Sahabat,  ghunnah berasal dari bahasa Arab, yang artinya ialah dengung,  sementara bila ghunnah itu berarti tanpa dengung. 

Ingat yah sahabat,  ini masih sekitar hukum tajwid nun mati atau tanwin,  kita belum membahas hukum mim mati atau tanwinnya. 

Jadi,  apabila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan 5 huruf hijaiyah, yaitu huruf ba,  Jim,  dal, tha,  qaf, maka membacanya harus dengan ghunnah atau dengan dengung,  dan biasanya disebut dengan idgham bigunnah,  sementara apabila ada nunggu mati atau tanwin bertemu dengan dua huruf hijaiyah yaitu lam dan ra,  maka membacanya ialah dengan bila ghunnah atau tanpa dengung. 
Biasanya untuk mempermudah menghafal nama nama hurufnya,  banyak orang yang menyingkat nya, 
Misalnya huruf huruf idgham bigunnah biasanya di singkat dengan, Bajudithaqa
Dan yang bila ghunnah disingkat dengan lari.

Nah,  jadi apabila sahabat menemukan ada nun mati atau tanwin bertemu dengan kelima huruf tadi,  ingat yah cara membacanya ialah dengan didengungkan, atau sedikit ditahan,  jangan langsung dibaca huruf selanjutnya ya, 
Dan jika ada nun mati bertemu dua huruf tadi,  jangan lupa juga membacanya tanpa dengung ya. 
Demikian materi kali ini, semoga paham yah, insyaallah jika terus menerus diperbaiki dan dipelajari bacaan kita pasti semakin bagus. 

Billahifisabililhaq. 
Wassalamualaikum.