728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, May 25, 2017

Cara membaca عسق


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT. Yang telah menurunkan Al Qur'an bagi semesta alam sebagai penerang dan petunjuk dalam mengarungi lautnya kehidupan yang fana ini.

Alhamdulillah sahabat, kita telah mempelajari berbagai hal mengenai tata cara membaca Al Quran yang baik dan benar, beberapa cara membaca Makharijul huruf dan juga beberapa cara membaca Al-Quran yang di dalamnya terdapat huruf muqaththa'ah.

Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih spesifik lagi mengenai cara membaca huruf muqaththa'ah yakni cara membacaعسق 
Sahabat, seperti sebelumnya yang telah dijelaskan bahwa cara membaca huruf muqaththa'ah ialah dengan membacanya sesuai dengan bacaan huruf Aslinya tanpa harakat.

Huruf huruf tersebut dibaca sepanjang enam harakat, atau tepatnya enam ketukan, ketika membaca huruf 'ain, Iin nya harus dibaca sepanjang enam harakat dengan ikhfa masuk kepada huruf setelahnya yaitu huruf sin, dengan cara membaca ikhfa, yakni seperti membaca Makharijul huruf sin, akan tetapi belum kepada huruf sin, ingat yah cara membaca nya ikhfa, jangan sampai berdengung di hidung, setelah itu cara membaca huruf selanjutnya ialah sin, bacalah sin dengan enam harakat juga, dengan menambahkan dengung kepada huruf selanjutnya yaitu qaf, tetapi untuk yang ini dengung nya sampai kepada hidung,
Caranya ialah, ingatlah bahwa Cara membacanya antara huruf 'ain dan sin tidak boleh dengung sampai ke hidung, jadi ketika kita membacanya suara kita masih tetap bisa bersuara walaupun hidung kita sedang ditutup. Ingat yah, ( ini kuncinya ) , sedangkan ketika membaca huruf sin kepada huruf qaf ialah dengan dengung yang sampai kepada hidung, jadi ketika kita Membaca hidung kita ditutup maka kita tidak akan dapat mengeluarkan suara apapun, atau lebih tepatnya terhenti. Ingat sahabat, ada dua huruf yang ketika membacanya dengan dengung yang sampai kepada hidung yakni huruf qaf dan kaf, selain dua huruf tersebut dibaca dengan dengung namun tidak sampai kepada hidung.
Demikian sahabat, semoga Bermanfaat jangan lupa tanyakan kepada orang yang paham, dan belajarlah kepadanya.
 Jangan pernah lupa untuk selalu mempelajari dan memperbaiki bacaan Al Qur'an kita yah.wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara membaca عسق Rating: 5 Reviewed By: Anita aa