Cara memotong ayat Al Quran ketika nafas tidak sampai waqaf

Bismillah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, Allah berikan kita Nikmat yang tiada terputus yah sahabat, mulai dari kita bangun dari tidur kita, hingga kita akan tertidur kembali, Allah tiada terhingga memberikan Nikmat dan Rahmat Nya

.

Alhamdulillah,

Bagaimana sahabat? Apakah hari ini sudah membaca Al Qur'an? Sudahkah memperbaiki tata cara membaca Al Quran kita? Atau sudah tahsin kah ? Atau malah belum sama sekali ?

Tetapi, semoga saja sahabat malah sudah membaca beberapa lembar Al Quran yah.


Baiklah, sahabat, kali ini saya akan membahas mengenai cara memotong

Ayat Al Alquran ketika nafas kita sudah tidak mencukupi hingga akhir ayat.

Sahabat tentu pernah atau bahkan sering mengalami hal ini bukan ? Ketika kita sedang asyik asyiknya membaca Alquran, eeeeh malah tiba tiba nafas kita tidak sampai pada ujung ayat, tapi jangan khawatir sahabat, ada triknya kok hehee.

Caranya ialah, silahkan sahabat baca Al Alquran sebanyak banyaknya, dan ketika nafas sahabat memang tidak sampai pada waqaf, maka silahkan berhenti saja sahabat, jangan dipaksakan yah. Karena jika dipaksakan, kasihan juga kan hehe.

Jika memang nafas kita sudah tidak sampai, maka silahkan berhenti saja, karena sangat banyak kasus, bahwasanya banyak yang ketika nafasnya yang dikira sampai tetapi tidak sampai malah lebih fatal akibatnya, yaitu berhenti di ayat yang tidak ada madnya sama sekali, yang mengakibatkan huruf yang tidak ada madnya menjadi ada madnya, walaupun hanya bertambah satu ketukan.

Ketika ingin berhenti, jangan berhenti di huruf yang tidak ada madnya, tetapi pilihlah ayat yang memiliki mad walaupun hanya dua harakat, karena jika tidak dibiasakan, maka kebiasaan kurang baik ini bisa menjadi kebiasaan ketika membaca Al Quran, kita jadi terbiasa membaca ayat yang seharusnya tidak panjang menjadi panjang hanya karena kesalahan dalam memberhentikan huruf.

Kesimpulan nya, sahabat boleh berhenti dimanapun ketika  nafasnya kurang panjang, hanya saja pilihlah untuk berhenti di huruf yang memiliki masalah atau tanda panjang yah, minimal dua harakat.

Sekian, semoga bermanfaat dan mudah dipahami, dan Allah beri pemahaman yang baik untuk kita.

Jangan lupa, sediakan waktu untuk membaca Al Quran setipap harinya yah.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.