Cara mempelajari Al Quran dengan benar

Allah SWT.  Menurunkan Al Quran kepada Rasulullah sebagai pedoman hidup manusia dengan menggunakan bahasa Arab, walaupun demikian,  namun tetap disadari bahwa di turunkannya bukan hanya untuk yang ummat bangsa arab saja, bukan orang yang bisa berbahasa arab saja,  tetapi seluruh umat di dunia. 

Karena itu,  sangat penting bagi kita, yang bukan terlahir dari keturunan bangsa arab , untuk senantiasa mempelajarinya dengan baik dan benar. Bagi kita,  bahasa arab dan huruf huruf arab,  bukanlah sesuatu yang lumrah bagi kita, mulai dari sekolah,  lingkungan dan lain sebagainya, akan  tetapi, semakin  berkembangnya zaman, kini kita  sudah  mulai  mudah  untuk  memdapatkan  tempat tempat yang  bisa  mengajarkan  kita  tentang  tata cara  membaca  Al  Quran, dan  bahasa  arab, tidak  haya  itu, bahkan  kini  dimedia  mediapun  sangat  banyak  memuat  hal  tersebut.

Akan  tetapi, masih  juga  banyak yang tidak  bisa  memanfaatkan media  dengan  baik, media  yang seharusnya dapat digunakan  untuk  belajar, kini  malah  lebih  sering digunakan  untuk  bersenang-senang belaka.

Dan  yang  paling  penting adalah,
Mengenali terlebih dahulu huruf huruf hijriyah, yang  perlu  diingat  ketika  kita  membaca  huruf  hijriyah yang dalam tulisan  Indonesia ialah ketika ada  tulisan ra, maka  membacanya bukan  mentah  mentah  ra, akan  tetapi menjadi ro, karena  di dalam  transliterasi arab - Indonesia, tidak  ada  penulisan huruf  o.

Setelah  menguasai huruf  hijriyah, mulailah dengan  mempelajari makharijul  hurufnya, tajwid nya  dan  yang  paling penting adalah istiqamah.