728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, June 3, 2017

Cara Membaca Hurufت، د، ط yang Baik dan Benar

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين محمد بن عبد الله وعلى اله وصحبه اجمعين.


Alhamdulillah, bagaimana puasanya sahabat, Lancar kan? Tadarus nya bagaimana? Sudah sampai mana? , Jangan lupa ya, tadarus terus, karena Sangat disayangkan jika bulan Ramadhan ini kita sia siakan untuk hal yang tidak bermanfaat.

Alhamdulillah, kita sudah sampai pada puasa ke 8 ya sahabat, semoga tadarus nya juga sudah sampai juz 8 ya, One day one juz, agar esok ketika Ramadhan usai, Kita sudah mengkhatamkan Al Quran kita.

Baiklah sahabat, seri tata cara membaca Al Quran pada malam yang Allah berkahi ini kita akan belajar cara  membaca huruf Ta, Dal, dan Tha ت، د، ط

Sahabat yang insyaAllah dirahmati Allah, pada pembahasan hari hari yang lalu, kita sudah mbahas beberapa Makharijul huruf Hijaiyah ya, dan untuk Huruf yang tiga ini baru akan kita bahas saat ini.

Masih ingat kan apa itu Makharijul huruf sahabat? Ayo kita review kembali, Makharijul huruf, ialah tempat asal atau tempat keluarnya huruf, sampai disini paham kan?

Tempat asal atau tempat keluarnya huruf Ta, dal dan Tha (  ت، د، ط)  ialah berada pada lidah, Dua dari tiga huruf ini adalah huruf Qalqalah.

Cara membacanya ialah ketika sahabat ingin membacanya, posisi lidah sahabat sama seperti posisi lidah saat Membaca Huruf tsa ث  dan temannya.

Yaitu, letakkan lidah persis pada kedua gigi, bagian gigi atas dan gigi bawah, setelah sahabat meletakkan lidah pada gigi atas dan bawah, silahkan buka mulut sahabat, dengan sedikit lebar, Ingat ya sahabat, Membaca Huruf huruf ini baik di awal kalimat, tengah kalimat, atau akhir kalimat, Makhrarijul huruf nya sama saja, jangan sampai berubah, karena banyak kasus di masyarakat bahwa kebanyakan ketika Membaca satu huruf nya saja bemar, tetapi ketika menggabungkannya dengan huruf lain, Makhrarijul huruf nya malah berubah dan salah.

Dan khusus untuk tha, sahabat bisa membacanya dengan meletakkan posisi gigi seperti huruf ta dan salah, yang membedakan nya ialah huruf ta dan salah, dibacanya dengan membuka mulut dengan terbuka, sementara huruf tha, setelah meletakkan lidah pada gigi, silahkan membacanya dengan memonyongkan mulut ya.

Alhamdulillah, demikian untuk hari ini, semoga bermanfaat,

Jangan lupa dan lelah untuk terus memperbaiki bacaan ya sahabat dan jangan lupa juga untuk mengajarkan nya kepada orang lain.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca Hurufت، د، ط yang Baik dan Benar Rating: 5 Reviewed By: Anita aa