728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, June 20, 2017

Cara Membaca dan memotong ayat pada huruf yang berharakat enam ketukan


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, wasshshalatu wassalam' wa'ala alihi washahbihi ajma'in.

Alhamdulillah, bagaimana kabarnya hari ini sahabat? Dan yang tidak kalah pentingnya ialah apa kabar iman kita hingga saat ini? Apakah senantiasa selalu kita perbaiki? Karena sejatinya tidak hanya niat yang perlu diperbaiki, akan tetapi iman kita pun seharusnya juga mendapatkan pembaharuan yang tidak kalah penting.

Alhamdulillah, semoga selalu dalam lindungan Allah ya sahabat, agar bisa terus menerus memperbanyak ibadah kita kepada Nya.

Sudah sampai juz berapa tadarus nya sahabat? Semoga sudah sampai juz 26 yaaah. Hehe

Baiklah sahabat, pada pembahasan tata cara membaca Al Quran kali ini kita akan membahas cara membaca dan memotong ayat di tengah ayat yang panjangnya enam harakat.

Sahabat, pada beberapa pembahasan yang lalu, saya sudah pernah bahas, bahwasanya ketika membaca Al Qur'an, tidak usah terlalu memaksakan nafas kita agar sampai pada waqafnya, Sahabat bisa berhenti tepat saat nafas Sahabat sudah habis, yang terpenting adalah jangan berhenti pada tengah ayat yang tidak memiliki mad sama sekali, berhentilah minimal pada huruf yang panjangnya dua ketukan atau satu harakat.

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara membaca ayat ketika berhenti di tengah tepat pada huruf yang memiliki panjang enam ketukan? Apakah harus dibaca sesuai dengan harakat aslinya atau hanya dibaca dua ketukan?

Sahabat, ketika sahabat ingin berhenti di tengah ayat, dan kebetulan pada huruf yang tanda madnya seperti bendera/ gelombang, Mala silahkan sahabat membacanya hanya dengan dua ketukan, tidak dibaca dengan enam ketukan ya sahabat, cukup dua saja, dan ketika ingin membacanya kembali, hendaklah ulang dari beberapa kata di belakangnya, baru membacanya sesuai dengan harakatnya yaitu dengan enam ketukan.

Saya juga sering salah membacanya kemarin, saya sering membacanya dengan enam ketukan sahabat, dan kebetulan karena ada bimbingan tahsin, Ustadz pembimbing memberikan penjelasan mengenai kesalahan bacaan saya.

Demikian untuk kali ini sahabat, semoga bermanfaat, simpel namun banyak juga yang salah ketika membacanya.

Selamat membuat kue Sahabat😁😁, yang mudik selamat mudik, hati hati di jalan. Jangan lupa untuk terus membaca Al Qur'an.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca dan memotong ayat pada huruf yang berharakat enam ketukan Rating: 5 Reviewed By: Anita aa