Cara Membaca Huruf Qalqalah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam yang tidak pernah luput menjangkau hamba Nya, yang tidak pernah tidur, tidak pernah lelah mengurus hamba Nya.

Shalawat serta salam, kepada junjungan kita sang suri tauladan Abadi, yang namanya telah tercatat indah diberbagai belahan sejarah bumi ini, yang perjuangan nya tidak akan pernah luput dari tarikan dan perhatian ummat, yang jasanya dalam merevolusi mental manusia, semoga tetap tercurah kan kepadanya, dengan melafalkan Allahmumma shalli 'ala Muhammad, wa'ala Ali Muhammad.

Alhamdulillah, bagaimana kabarnya sore yang sudah menjelang berbuka ini sahabat? Sudah baca Al Qur'an berapa lembar hari ini? Semoga sudah banyak yah, dan semoga juga sudah mau khatam tadarus nya tuntas 30 juz, aamiin

Baiklah sahabat, kita akan membahas kembali tata cara membaca Al Quran. Pada kesempatan kali ini kita khusus akan mempelajari Qalqalah, setelah beberapa Minggu yang lalu kita membahas nya, dan kali ini saya ingin membahasnya kembali, karena pada penjelasan beberapa minggu lalu, ada yang belum lengkap.

Sahabat, mendengar kata qalqalah tentu sudah tidak asing lagi bagi kita yah atau mungkin bisa jadi pula membaca hukum qalqalah ini adalah salah satu kegemaran kita? Hehe, karena jujur saya menyukai cara membaca Qalqalah ini sahabat, apalagi jika qalqalah nya ditambah dengan tasydid pada ujung ayat atau waqaf.

Huruf qalqalah ada 5 sahabat, Ba, Ja, Dal, Tha, Qaf atau biasa disingkat menjadi BaJuDiToKo , Ba itu huruf Ba, Ju itu huruf Jim, Di itu huruf Dal, To itu huruf Tha dan ko itu huruf Qaf.

Cara membaca huruf huruf ini Ketika berharakat sukun yaitu dengan bergetar, maksudnya apa? Yah, ketila sahabat menemukan huruf huruf kelima ini berharakat sukun, maka sahabat harus membacanya dengan bacaan yang bergetar tepat pada Makharijul huruf nya yah.

Ingat sahabat, ketika membacanya harus bergetar pada Makharijul huruf nya, dan juga dibaca dengan memantul, dan dibeberapa pembahasan Kemarin, juga sudah dibahas bagaimana cara memantulkan huruf huruf yang lima tersebut.

Alhamdulillah, demikian untuk kali ini sahabat, semoga bacaannya semakin bagus yah, agar tidak ada pergeseran makna karena kesalahan kita dalam membacanya.

Semoga bermanfaat, selamat berlibur dan mudik sahabat.

Semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita serta keistiqamahan untuk terus belajar dan membaca Kalam Kalam Nya.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.