728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, June 1, 2017

Cara Membaca Huruf Ra


Assalamualaikum  warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, Wasyukurillah, Walailaha Illallah Wallahuakbar.
Wala haula wala quwwata Illa billahil 'aliyyil 'adzim.

Bagaimana biasanya sahabat ? Sudah sore ni, Jelang buka puasa, apakah sahabat menghabiskannya dengan hanya sekedar Menonton televisi saja? Atau ada di antara sahabat yang menggunakan nya untuk mempelajari tata cara membaca Al Quran dan juga Mendengarkan ceramah ceramah bermanfaat? Semoga sahabat ada pada yang keduanya, yaitu sibuk dalam membaca Al Qur'an dan mendengarkan ceramah ceramah.

Baiklah, Alhamdulillah menjelang waktu berbuka ini, kita akan kembali Belajar ya sahabat, Belajar kembali mengenai cara Membaca Al Qur'an dan materi kali ini ialah membaca Huruf Ra.

Sahabat, kemarin kita telah membahas mengenai cara Membaca Huruf Ra atau Makhrarijul huruf ra, masih ingat tidak ?
Oke, kita ulang kembali.

Sahabat, huruf ra adalah satu satunnya huruf hijaiyah yang dibacanya dengan takrir, atau adanya pengulangan, saat membacanya lidah kita berada bergetar ya sahabat, tidak ada huruf yang dibacanya dengan takrir, kecuali huruf ra saja.
Dan cara Membaca Huruf ra tebal itu berarti huruf ra nya terlihat atau jelas ya sahabat.
Kemudian sahabat, cara Membaca Huruf Ra itu ternyata dapat dibagi menjadi dua loh.
Apa saja? Yaitu, huruf ra yang bisa dibacanya tebal dan juga dibacanya dengan tipis.
Huruf Ra yang dibacanya dengan Tebal ialah Apabila Sebelum huruf ra, ada huruf yang berharakat Fathah atau baris atas, Dhammah atau seperti angka enam, maka dibacanya dengan ra tebal ya sahabat. 
Dan khusus untuk cara Membaca Huruf ra, yang sebelumnya ialah huruf dengan tanda sukun, maka cara membacanya ialah dengan Tebal, tetapi huruf ini dibacanya dengan bibir yang monyong atau kedepan ya sahabat, Ingat ya, bibirnya harus kedepan, jangan sampai salah sahabat, karena jika sahabat membacanya hanya dengan mulut terbuka saja, maka itu berarti bahwa cara Membaca sahabat masih kurang bener, ayo diperbaiki ya sahabat.
Itu adalah cara Membaca Huruf ra yang Tebal ya sahabat, InsyaAllah kedepan nya akan dibahas mengenai cara Membaca atau tanda tanda ra yang harus dijaga dengan tipis.
Demikian untuk hari ini sahabat, Wallahua'lam Bishshawab.
Buka ada yang keliru, itu datangnya dari saya, semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah bagi kita.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca Huruf Ra Rating: 5 Reviewed By: Anita aa