728x90 AdSpace

Latest News
Friday, June 16, 2017

Cara Membaca Huruf Shafir


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam, yang telah memberikan Segala sesuatu kepada hamba Nya, sesuai dengan apa yang dibutuhkan hamba Nya, bukan apa yang diinginkan hamba Nya, yang senantiasa tidak pernah lelah dalam mengurus hamba Nya.

Shalawat serta salam, semoga selalu diucapkan untuk seorang yang sangat luarbiasa, Sang Tauladan manusia, sang idola seluruh alam, yang namanya telah tercatat indah di dalam sejarah peradaban baik manusia maupun sejarah.

Apa kabar sahabat? Alhamdulillah, sampai pada yang tinggal delapan hari ini, Allah masih berikan kita Nikmat dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang hanya ada di dalam sebulan ini,

Bagaimana tadarus nya sahabat? Semoga sudah hampir khatam ya Al Qur'an nya. 😄 Dan semoga senantiasa Allah istiqamah kan di dalam mentadaburi, membaca dan mengamalkan nya.

Baiklah sahabat, dalam kajian tata cara membaca Al Quran kali ini kita akan membahas mengenai cara membaca huruf shafir.

Banyak sekali istilah istilah yang ada di dalam mempelajari Al Qur'an ini sahabat, mulai dari istilah mempelajari Makharijul hurufnya, istilah sifat sifat hurufnya bahkan sampai kepada hukum bacaannya, seluruhnya memiliki istilah masing masing, memang sedikit rumit dan sulit dihafal, namun sangat indah rasanya jika kita sudah menghafal dan memahami nya,

Sahabat, mohon maaf beberapa hari yang lalu saya tidak menulis, dikarenakan ada beberapa hal. insyaAllah selanjutnya semoga saya juga diistiqamahkan oleh Nya.

Huruf huruf shafir itu ialah huruf yang dibaca dengan suara menyerupai suara burung.

Huruf hurufnya ialah Sa, Za, dan sha س، ز، ص

Sahabat, Cara membacanya ialah dengan rapatkan Antara Gigi atas dan bawah, dengan posisi lidah tepat Di belakang Gigi Gigi tersebut.

Hal ini tampaknya memang sangat sederhana sahabat, tapi jika dibiarkan terus menerus maka bisa jadi kita malah keasyikan membacanya dengan cara yang salah.

Demikian untuk pembahasan kali ini, silahkan dipraktekkan sahabat, jangan sampai salah lagi, selamat mencoba, semoga Allah berikan keistiqamahan kepada kita untuk terus mempelajari Kalam Kalam Nya.

Semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca Huruf Shafir Rating: 5 Reviewed By: Anita aa