Cara Membaca Hurufز، س yang Baik dan Benar


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

أن الحمد لله نحمده ونشكره وتستعينه ونستغفره ، ونعوذ بالله من شرور انفسنا ومن سيئات اعمالنا، اشهد أن لا إله الا الله واشهد ان محمدا عبده ورسوله امابعض

Alhamdulillah, bagaimana hari ini kabarnya sahabat? Sudah baca Quran belum?  Semoga setelah shalat shubuh sudah pada baca Quran plus tata cara membaca Al Quran, dan jangan lupa juga untuk shalat dhuha.

Alhamdulillah, dihari yang puasa yang panas ini, puasa yang ke 8 , kita akan membahas tentang tentang cara Membaca Huruf za dan salah ya , ( ز ، س).

Sahabat Rahimakumullah.

Makhrarijul huruf yang selanjutnya adalah dua huruf yang keluar dari mulut dengan merapatkan kedua gigi, dan selain huruf za, dan sa ini memang ada beberapa huruf yang juga menggunakan gigi atas dan di bawah, contohnya saja ialah huruf ta, dan perbedaan antara huruf ta dan huruf lainnya ialah pada peletakan lidahnya ya sahabat.

Huruf sa, dan za adalah dua huruf yang keluar dari mulut kita, dengan cara merapatkan kedua gigi atas dan bawah, lalu coba sahabat letakkan lidah sahabat tepat di belakang gigi atas dan bawah sahabat, setelah sahabat merapatkan kedua gigi atas dan bawah, kemudian letakkan lidah dibelakang gigi, selanjutnya ialah buka mulut sahabat agak lebar ya.

Perbedaan antara Makhrarijul huruf hijaiyah, jika dapat kita perhatikan dengan baik, bisa memperindah bacaan kita, dan selain itu juga meminimalisir adanya kesalahan pada makna dari ayat yang kita baca.

Silahkan dipraktekkan ya sahabat, jangan lupa untuk mengulang ulangnya, agara menjadi lancar, dan bacaan yang Bemar itu bisa menjadi kebiasaan kita.

Jangan sampai keliru ya sahabat, karena memang ada beberapa huruf yang Makhrarijul huruf nya sama, akan tetapi berbeda, jika kita tidak teliti, maka bisa jadi kita akan Membaca Huruf yang salah.

Demikian untuk hari ini, karena memang dua huruf ini adalah huruf yang mudah Untuk dibacanya dengan Bemar, hanya saja terkadang ada beberapa orang yang salah dalam membaca huruf za, mereka akan condong Membaca Huruf za menjadi huruf ja.

Jadi, hati hati yah.

Semoga bermanfaat, dan Allah berikan kemudahan dalam memahami ayat ayat Nya kepada kita, jangan pernah bisa dan lelah untuk terus memperbaiki bacaan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.