Cara Membaca QS. Yusuf Ayat 11

Juz Amma dan Tajwidnya untuk Semua Usia Ilmu Tajwid: Pegangan Para Pengajar Al-Qur'an dan Aktifis Dakwah Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur'an & Ilmu Tajwid Mushaf Al-Kamil: Mushaf Tajwid Terlengkap dan Hafalan (Disertai Kode Garis & Blok Warna)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam, shalawat serta salam semoga tetap tercurah kan kepada bagian Muhammad saw.

Alhamdulillah sahabat, tidak terasa kita sudah memasuki puasa yang ke 18, dan tidak lama lagi bulan yang suci ini akan berlalu, semoga kita tetap senantiasa melakukan amalan yang sering kita lakukan pada bulan Ramadan ini bulan bulan luar Ramadhan.

Semoga bacaan Al Qur'an kita sesuai dengan tata cara membaca Al Quran yang benar dan akan menjadi sahabat kita pada hari hari biasanya.

Baiklah sahabat, kali ini kita akan membahas mengenai cara membaca Qs Yusuf ayat 11.

Sahabat, saya memiliki sebuah cerita mengenai Surat Yusuf ini,  beberapa waktu lalu, ketika saya dan teman sekelas saya mengikuti bimbingan Tahsin setiap hari Kamis, pada waktu itu ustad yang mengajar, meminta beberapa orang untuk Membaca surat Yusuf ayat sebelas ini, dan ternyata saya juga dimintai untuk mencoba membacanya, dan heran nya sang ustadz mengatakan bahwa bacaan kami, dari beberapa orang yang diminta nya untuk Membaca ternyata salah semua, hanya satu yang benar.

Itulah sekilas ceritanya, dan setelah memberikan tanggapan kemudian beliau mengatakan dan menjelaskan cara membacanya yang baik dan benar seperti apa.

Qs. Yusuf Ayat 11 ini, hukum bacaannya dinamakan dengan Isymam, yaitu ketika sahabat menemukan ada huruf nun Bertasydid Cara Membacanya ialah dengan  mulut Di monyongkan sebentar, lalu kembali kepada cara membacanya yang biasa, lebih jelasnya ialaha, sahabat ketika Membaca La tak manna, itu masih dalam bacaan yang biasa atau belum benar, yang benar ialah seolah olah La tak man Nu na, ( monyongkan mulut setelah man, lalu kembalikan mulut keposisi semula dan baca dengan biasa kembali) .

Sahabat, memang terasa aneh dan sedikit sulit membacanya, tetapi tenang saja sahabat, ayat ayat al Qur'an yang dibacanya dengan cara Isymam ini hanya terdapat di dalam surat Yusuf ini saja kok, tidak ada terdapat di dalam ayat manapun lagi.

Jangan tanyakan kenapa harus dibacanya begitu ya sahabat, karena ini sudah ketentuan dari ulama, dari Qiraat Sab'ah, dan mayoritas di Indonesia mengikuti qiroatnya Imam 'asyim.

Demikian untuk kali ini sahabat, semoga bermanfaat ya 😄,

Semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kota.

Jangan lupa untuk terus Belajar sahabat, karena Belajar tidak pernah memandang usia.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.