728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, July 25, 2017

Cara membaca huruf Ha (ح )


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

الحمد لله الذي هدان لهاذ وماكن لنهتدي لولا أن هدان الله
اشهد أن لا إله الا الله واشهد ان محمدا عبده ورسوله امابعد

Bagaimana kabar sahabat hari ini? Mulai dari kabar jasmani, kabar rahani? Semoga sehat wal 'afiyat ya sahabat. Bagaimana nih, bacaan Al-Quran nya, hari ini sudah berapa ayat baca Al quran? Semoga sudah selembar ya, jangan bosan membacanya sahabat, karena kelak Al Qur'an yang kita baca akan menjadi syafaat, insyaAllah.

Baiklah, pada malam yang insyaAllah selalu diberkahi Allah ini kita akan membahas tentang cara membaca huruf ح

Sahabat Rahimahullah, biasanya, guru guru mengaji di pedalaman desa mengatakan huruf ini dengan " Ha Kecil ", sebagai pembeda dengan Ha yang satunya lagi, ( ه   ) yang disebut dengan Ha besar, namun sayangnya meski sudah diajarkan penyebutan tersebut, tetap saja masih banyak yang salah menyebut huruf ini, kebanyakan kasusnya ialah membacanya menjadi huruf Ha besar. Yah, sahabat, karena memang huruf Ha Kecil ini juga termasuk huruf yang sulit dibaca, dan juga banyak yang sulit membedakan nya.

Sahabat, cara membaca ha kecil ini ialah dengan posisi mulut terbuka, seperti tersenyum, posisi lidah ditengah tengah, tidak menyentuh apapun, tidak menyentuh langit langit, tidak menyentuh gusi, dan juga tidak menyentuh gigi, normal, posisinya di tengah tengah, dan suaranya berasal dari dalam tenggorokan yang bagian tengah, hati hati ya sahabat, jangan sampai membacanya malah ke tenggorokan paling dalam, nanti malah salah Makharijul hurufnya.

Ingat ya sahabat poinnya, mulut terbuka seperti tersenyum, dengan lidah tidak menyentuh apapun, dan suara berasal dari tenggorokan bagian tengah.

Hayo, jangan sampai salah lagi ya.

Harus bisa membedakan antara ha kecil dan ha besar ya mulai dari sekarang.
Perbaiki Makharijul hurufnya, agar makna Al Qur'an nya sampai, jangan sampai maknanya malah salah, karena pelafalan kita yang kurang tepat.

Selamat mencoba dan mempraktekkan sahabat, jangan sampai merasa jenuh ketika belajar ya.

Semoga Allah berikan kesehatan, kesempatan dan Waktu luang kepada kita, serta pemahaman yang mudah.

Demikian untuk kali ini, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara membaca huruf Ha (ح ) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa