Cara Membaca Huruf huruf Tafkhim

Alhamdulillahi Rabbil 'alamin,
 Allahuma Shalli 'ala Muhammad wa 'ala Ali Muhammad.
Alhamdulillah sahabat Masih Allah titipkan kesempatan menikmati bulan Nya yang mulia ini ya sahabat, setelah Ramadhan, kita masih bisa menikmati indahnya buan syawal, yang ternyata di dalamnya juga terdapat puasa, yang pahalanya juga begitu besar, Masih Allah titipkan Nikmat sehat ini kepada kita, sehingga Alhamdulillah, pada akhir akhir bulan syawal ini, kita masih dapat semangat terus menerus untuk berlomba lomba dalam hal kebaikan, Fastabiqul khairat, dan semoga Akan terus seperti itu, jangan karena Ramadhan telah usai, kita ogah ogahan berbuat baik ya sahabat, mulai malas baca Qurannya, mulai males shalatnya, jangan sampai, karena keberhasilan seorang hamba ketika di bulan Ramdhan dapat dilihat setelah Ramadhan itu usai.
Taqabbalallu minna waminkum sahabat ( semoga Allah menerima amal ibadah kita selama Ramadhan, sebelum Ramadhan dan setelah Ramadhan.
Alhamdulillah, sudah berapa juz tadarus nya sahabat? Atau minimal sudha berapa ayat, membaca al Qurannya hari ini? Jangan lupa yah, untuk terus membaca kalam kala Nya, setiap hari, gak apa apa sedikit setiap hari sahabat, yang terpenting ialah istiqamahnya yah.
Baiklah sahabat, pada kesempatan yang semoga Allah selalu curah limpahkan Rahmat Nya, kita akan membahas mengenai cara membaca huruf huruf tafkhim( تفحيم  ).
Sahabat, perlu kita ketahui bahwa dalam bab makharijul huruf dan sifatul huruf di dalam al Quran, ada istilah yang disebut tafkhim dan tarqiq, nah unutk kali ini, kita akan membahas tentang tafkhim dulu yah.
Tafkhim berasal dari bahasa Arab sahabat, tafkhim ini juga dikenal dengan mufakhakhamah, yang bermakna menebalkan, sehingga huruf huruf yang termasuk ke dalam tafkhim ini harus dibaca tebal, dengan cara memajukan bibir kea rah depan. Hehehe, jangan malu untuk memonyongkan atau memajukan bibir sahabat, yang terpentingkan bacaan bener, tidak perlu malu yah.
Banyak yang salah dalam membaca huruf huruf ini, yang seharusnya dibaca dengan memonyongkan atau memajukan biir, terkadang malah dibaca dengan memundurkan bibir, ini adalah tindakan keliru sahabat.
Apa saja, huruf huruf yang dibaca dengan tafkhim, atau tebal ?
Ada huruf ط
غ
خ
ص

ر,
 ظ
 ق
و
ض itu adalah huruf huruf yang harus dibaca tebal sahabat, jangan lupa, ingat yah dengan cara memonyongkan bibir atau memajukan bibir.
Demikian untuk kali ini sahabat, semoga yang sangat sederhana ini bisa bermanfaat, jangan lupa untuk terus mengulang dan mempraktekkannya. Semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita.
Demikian, jika ada kesalahan saya mohon maaf. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.