728x90 AdSpace

Latest News
Monday, July 24, 2017

Cara membaca huruf Kha dan Gha ( خ، غ )


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
الحمد لله الذي هدان لهاذ وماكن لنهتدي لولا أن هدان الله
اشهد أن لا إله الا الله واشهد ان محمدا عبده ورسوله امابعد
Bagaimana kabar sahabat hari ini? Mulai dari kabar jasmani, kabar rahani? Semoga sehat wal 'afiyat ya sahabat. Bagaimana nih, bacaan Al-Quran nya, hari ini sudah berapa ayat baca Al quran? Semoga sudah selembar ya, jangan bosan membacanya sahabat, karena kelak Al Qur'an yang kita baca akan menjadi syafaat, insyaAllah.
Baiklah, pada sore yang insyaAllah selalu diberkahi Allah ini kita akan membahas tentang cara membaca huruf خ، غ
Sahabat Rahimahullah, Ini kembali kepada Makharijul huruf ya. Ke dua huruf ini adalah Adna Al Halq, yang berarti tenggorokan yang paling dekat dengan rongga mulut.
Cara membaca huruf Kha dan Gha ini, ialah dua huruf yang berasal dari tenggorokan yang paling dekat dengan rongga mulut.
sahabat, kebanyakan membaca huruf Kha seperti membaca huruf Ha, biasa saja, tidak ada getaran pada tenggorokan nya, padahal yang benar, cara membaca dua huruf ini ialah, ada getaran di tenggorokan kita ketika membacanya, dan dia berasal dari tenggorokan yang paling ujung, yang paling dekat dengan rongga mulut. Memang, membaca dua huruf ini termasuk lumayan sulit, namun bukankah sesuai apapun segala sesuatu pasti akan menjadi mudah ketika sering dilatih Sahabat? Akan menjadi ringan bila terus menerus dilakukan sahabat.
Begitu pula dengan membaca huruf huruf Hijaiyah ini sahabat, huruf huruf yang terbilang sulit ini akan mudah kita taklukkan jika kita serius mempelajari nya, jika kota sungguh sungguh dalam mendalami nya, dan kita perbanyak latihan.
Demikian untuk materi yang sederhana ini, semoga bisa dipraktekkan agar bacaan kita tidak hanya sekedar bagus, akan tetapi lebih dari itu yaitu bacaan yang bagus dan benar, semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah kepada kita, dan menambah kecintaan kita kepada Allah, Rasul Nya dan Al Qur'an.
Bila ada terdapat kesalahan, itu murni dari saya sahabat, mohon dikoreksi.
Bila ada kebenaran, itu datangnya dari Allah SWT.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara membaca huruf Kha dan Gha ( خ، غ ) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa