Cara membaca huruf Lam, Nun dan Ra

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah wasshshalatu wassalamu 'ala asyrafil anbiya wal Mursalin wa'ala alihi washahbihi ajma'in.

Alhamdulillahi sahabat, Allah masih berikan kita kesempatan serta kesehatan sehingga kita masih dapat menikmati indahnya bulan Syawal ini, jangan lupa puasa ya sahabat, hehe .

Shalawat serta salam semoga selalu kita bacakan untuk sang suri tauladan seluruh umat manusia, panutan yang tiada bandingnya sampai kapanpun,

اللهم صلى على محمد وعلى اله محمد


Bagaimana bacaan Al Qur'an nya hari ini sahabat? Apakah sudah sampai satu halaman? Atau hanya beberapa ayat saja? Tidak apa sahabat, sedikit yang istiqamah lebih baik daripada yang banyak tetapi hanya dilakukan sekali setahun atau sekali seminggu. Semoga amal Ibadah kita selama bulan Ramadhan kemarin diterima oleh Allah ya sahabat.

Baiklah, sahabat kali ini kita akan membahas mengenai cara membaca  huruf Lam, Nun dan juga Ra


Sahabat, beberapa pembahasan yang lalu, kita telah membahas Makharijul dan kali ini juga masih tentang Makharijul, kenapa? Karena memang begitulah pentingnya kebenaran dalam pelafalan huruf huruf Al Qur'an ini, salah atau tidak tepatnya kita dalam melafadzkan nya maka bisa dipastikan artinya akan salah atau melenceng dari arti sesungguhnya, maka dari itu jangan pernah bosan yah untuk terus mempelajari dan memperbaiki Makharijul huruf bacaan kita sahabat.


Sahabat, huruf Lam, nun dan juga Ra, adalah tiga huruf yang Makharijul nya adalah ujung lidah, hanya saja, ada beberapa perbedaan nya.


Huruf lam makhrajnya adalah di ujung lidah sejajar dengan gusi atas, sahabat bisa meletakkan ujung lidah sahabat tepat sejajar dengan gusi atas, atau tepatnya di belakang gigi depan bagian atas sahabat.


Huruf nun makhrajnya juga ujung lidah, namun sedikit di bawah makhraj lam.

Dan huruf ra makhrajnya juga sama, yakni ujung lidah, namun, sedikit di bawah makhraj nun.

Sederhana yah sahabat, perbedaan Makharijul ke tiga huruf ini hanya tinggal menggeser letak ujung lidah saja, ada yang di gusi dan langit-langit mulut, jangan sampai salah dan terbalik ya sahabat.

Demikian untuk hari ini, semoga semakin rajin membaca Kalam Kalam Nya, semakin gemar mentadaburi ayat ayat Nya, semakin senang mempelajari firman firman Nya, dan semakin berusaha untuk melaksanakan yang diperintahkan Nya.

Semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah kepada kita tentang berbagai hal terkait tata cara membaca Al Quran.

Salah dan khilaf saya mohon maaf,

تقبل الله منكم صيامنا وصيامكم

والسلام عليكم و رحمة الله وبركاته