Cara Cara Mad Thabi'i


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
الحمد لله الذي هدان لهاذ وماكن لنهتدي لولا أن هدان الله
اشهد أن لا إله الا الله واشهد ان محمدا عبده ورسوله امابعد
Apa kabar Jiwa raganya sahabat? Apa kabar Imannya sahabat? Semoga senantiasa selalu mengupgrade imannya ya sahabat, serta memperbaiki niat jika dirasa niatnya sudah mulai tidak terarah.
Bagaimana nih Tilawah nya sahabat? Hari ini sudah berapa ayat? Sudah berapa lembar? Semoga sudah mencapai tiga ayat yah sahabat, kalau lebih malah MasyaAllah, apalagi ditambah dengan keistiqamahan, semakin luar biasa, karena jika hidup tidak membaca Al Qur'an, maka rasanya kita hidup itu seperti mati sahabat, jika rumah rumah kita tidak dihiasi dengan lantunan lantunan ayat Alquran, maka rumah itu akan terasa seperti kuburan, sungguh, saya merasakan nya sendiri sahabat.
Semoga sahabat sekalian mulai mengganti musik musik di rumah dengan murratal murratal ya sahabat.
Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membaca Mad Thabi'i.
Sahabat, sudah pernah mendengar kata Mas Thabi'i sebelum? Ini adalah hukum paling dasar ketika membaca Al Qur'an setelah memahami dan menghafal nama nama hurufnya sahabat.
Tentu sahabat sudah mengetahui kan? Mad itu sendiri berarti Panjang sahabat.
Apabila ada huruf Alif, sebelumnya ialah huruf berharakat Fathah, Kemudian huruf Yaa' Mati sebelumnya adalah huruf berharakat Kashrah, dan Huruf Waw mati yang sebelumnya ialah huruf berharakat Dhammah maka hukum bacaannya disebut dengan Mad Thabi'i.
Mad berarti Panjang, dan Thabi'i berarti biasa, jadi cara membacanya ialah dengan panjang dua harakat sahabat, atau disebut juga dengan satu Alif.
Kalau ingin mencobanya, sahabat bisa mencoba dengan mengetuk dengan dua ketukan, itu sama dengan ukuran dua harakat.
Mudah sekali kan sahabat?
Ya, ini adalah bagian Mad yang paling dasar, jika dasarnya sahabat sudah paham, insyaAllah bacaan sahabat sudah terbilang lumayan bagus, kenapa? Karena hampir semua ayat di dalam Al Qur'an memiliki hukum bacaan Mad Thabi'i.
Semoga bermanfaat sahabat, selamat menghafal hukum hukum dalam membaca Al Qur'an. Semoga Allah berikan kemudahan kepada kita dalam hal pemahaman.
Semoga istiqamah, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.