cara membaca huruf yang diwaqafkan atau diberhentikan dengan tanda baca ta'mar butoh


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillahi Rabbil'alami. والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله واصحابه وسلم وبارك على محمد.
Alhamdulillah, Bagaimana kabar sahabat hari ini? Semoga sehat wal'afiyat yah. Sudah membaca Al Qur'an berapa kali sahabat atau sudah berapa ayat yang sahabat baca hari ini? Semoga sudah ada ya, meski sedikit, Karena Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tapi istiqamah dibandingkan banyak tetapi hanya sekali. Tentunya sahabat ingin melakukan yang disukai oleh Allah kan?
Hukum hukum di Dalam Membaca Al Qur'an sangat banyak ya sahabat, beberapa diantaranya sudah kita bahas, meski belum tuntas, dan insyaAllah akan dituntaskan. Meski begitu, saya akan berusaha menuntaskan semua hukum membaca. Qur'an nya sahabat.
Mohon maaf ya sahabat, kalau saya belum bisa istiqamah menyampaikan materi perharinya satu materi, yah karena memang ada beberapa kendala, dan semoga sahabat sekalian tidak keberatan, jika perharinya saya memposting sekitar dua atau lebih materi yah.
Baiklah sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membaca huruf yang diwaqafkan atau dimatikan berupa ta'mar butoh, dan ini terbagi menjadi enam macam sahabat, yang insyaAllah akan kita bahas masing masing nya .
Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas tentang dua cara membaca tanda baca ketika waqaf atau berhenti ya sahabat, dan untuk kali ini, mungkin namanya sedikit aneh ya sahabat, namun saya Yaqin pasti sahabat sering menemukan nya ketika membaca Al Qur'an.
Apa itu? Ta'mar butoh ialah Ta yang berbentuk bulatan lonjong ke atas, dengan titik dua di atas, atau menyerupai huruf ha besar namun memiliki titik.
Ta'mar butoh ini sering berada di ujung ayat atau kalimat sahabat, sehingga kita pun perlu mengetahui cara membacanya ketika akan diwaqafkan atau diberhentikan.
Bagaimana? Yaitu, apabila sahabat menemukan ta'mar butoh ini berada pada ujung Kalimat atau kata, dan akan diwaqafkan atau diberhentikan maka Membacanya ialah dengan menggantikan nya menjadi Huruf Ha, ingat ya ha besar atau ha tebal sahabat, jangan ha kecil.
Mudahkan?
Ayo hunting ke Al Qur'an, kita kumpulkan contohnya yang banyak, lalu belajar membacanya dengan baik.
Demikian, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.