728x90 AdSpace

Latest News
Monday, August 14, 2017

Cara Membaca Idgham Mutamassilain



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillahi Rabbil'alami. والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله واصحابه وسلم وبارك على محمد.
Alhamdulillah, Bagaimana kabar sahabat hari ini? Semoga sehat wal'afiyat yah. Sudah membaca Al Qur'an berapa kali sahabat atau sudah berapa ayat yang sahabat baca hari ini? Semoga sudah ada ya, meski sedikit, Karena Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tapi istiqamah dibandingkan banyak tetapi hanya sekali. Tentunya sahabat ingin melakukan yang disukai oleh Allah kan?
Hukum hukum di Dal Membaca Al Qur'an sangat banyak ya sahabat, beberapa diantaranya sudah kita bahas, meski belum tuntas, dan insyaAllah akan dituntaskan. Meski begitu, saya akan berusaha menuntaskan semua hukum membaca. Qur'an nya sahabat.
Baiklah sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membaca Idgham Mutamassilain.
Alhamdulillah, setelah beberapa waktu lalu kita membahas tentang idgham yakni idgham bigunnah dan idgham bilagunnah, ternyata masih ada satu lagi yang tertinggal, apa itu? Yaitu idgham Mutamassilain.
Sahabat, apa itu idgham Mutamassilain? Yaitu apabila sahabat, menemukan dua huruf yang sama, dengan karakter yang satunya berharakat sukun, dan yang satunya lagi berharakat Fathah maupun kashrah, yang penting sama dengan sebelumnya, maka itulah idgham Mutamassilain.
Bagaimana cara membacanya? Cara membacanya ialah dengan mentasydidkannya sahabat, mudahkan?
Namun ada pengecualian yang lain sahabat, yaitu terjadi pada huruf Waw, hanya huruf Waw dan ya saja, selebihnya dibaca dengan bertasydid.
Karena apabila ada dua huruf yang sama, di belakangnya terdapat huruf Waw dan ya, maka membacanya ialah dengan memanjangkan nya menjadi dua harakat.
Alhamdulillah, mudahkan sahabat? Hayuk, silahkan hunting ke Al Qur'an masing masing sahabat, mari kita cari masing masing contoh pada setiap huruf Hijaiyah, jangan lupa untuk mempraktekkan nya ya setelah menemukan contohnya.
Semoga bermanfaat sahabat, semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah kepada kita.
Sekian dari saya, apabila ada kesalahan datangnya dari saya, karena memang manusia tempatnya salah dan khilaf.
Semoga Allah memberikan keistiqamahan kepada kita untuk terus mempelajari Kalam kalamNya dengan baik dan benar.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca Idgham Mutamassilain Rating: 5 Reviewed By: Anita aa