728x90 AdSpace

Latest News
Friday, August 25, 2017

Cara Membaca Idgham Mutaqarribain



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
الحمد لله الذي هدان لهاذ وماكن لنهتدي لولا أن هدان الله
اشهد أن لا إله الا الله واشهد ان محمدا عبده ورسوله امابعد
Apa kabar Jiwa raganya sahabat? Apa kabar Imannya sahabat? Semoga senantiasa selalu mengupgrade imannya ya sahabat, serta memperbaiki niat jika dirasa niatnya sudah mulai tidak terarah.
Bagaimana nih Tilawah nya sahabat? Hari ini sudah berapa ayat? Sudah berapa lembar? Semoga sudah mencapai tiga ayat yah sahabat, kalau lebih malah MasyaAllah, apalagi ditambah dengan keistiqamahan, semakin luar biasa, karena jika hidup tidak membaca Al Qur'an, maka rasanya kita hidup itu seperti mati sahabat, jika rumah rumah kita tidak dihiasi dengan lantunan lantunan ayat Alquran, maka rumah itu akan terasa seperti kuburan, sungguh, saya merasakan nya sendiri sahabat.
Semoga sahabat sekalian mulai mengganti musik musik di rumah dengan murratal murratal ya sahabat.
Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membaca Idgham Mutaqarribain.
Sahabat, apabila ketika membaca Al Qur'an, menemukan huruf Tsa ث  sukun, bertemu dengan Huruf ذ,   , kemudian huruf Ba ب   Sukun, bertemu dengan Huruf Mim م ،   ,huruf ق sukun, bertemu dengan Huruf Kaf ك  , maka cara membacanya disebut Idgham Mutaqarribain.
Apa itu idgham Mutaqarribain ?
Mutaqarribain ialah dua huruf yang Makhrajnya hampir sama, atau berdekatan. Paham kan sahabat? Antara Tsa dan Dza adalah dua huruf yang Makhrajnya berdekatan dan nyaris sama, begitu juga demhan ba dan mik, serta Qaf dan Kaf. Sekarang sudah paham kan? Bukan hanya itu saja sebenarnya yang Makhrajnya hampir sama atau berdekatan, ada beberapa yang juga berdekatan, hanya saja huruf selain yang enam ini tidak berdampak kepada cara membacanya.
Cara membacanya bagaimana?
Ialah harus dengan memasukan atau mengidghamkan nya kepada huruf yang ke dua. Jadi, intinya sahabat, sahabat hanya perlu menghafal nama huruf yang dulunya dan bertemu dengan Huruf apa, nah untuk cara membacanya sahabat tinggal mengidghamkan saat membaca Huruf yang ke duanya saja.
Mudahkan?
Saya juga masih sering salah membaca bagian ini sahabat, hehe. Kadang lupa lupa ingat juga.
Baiklah, demikian untuk kali ini sahabat, semoga Bermanfaat dan dapat diamalkan ketika membaca Al Qur'an.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca Idgham Mutaqarribain Rating: 5 Reviewed By: Anita aa