728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, August 12, 2017

Cara Membaca idzhar Syafawi


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillahi Rabbil'alami. والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله واصحابه وسلم وبارك على محمد.
Alhamdulillah, Bagaimana kabar sahabat hari ini? Semoga sehat wal'afiyat yah. Sudah membaca Al Qur'an berapa kali sahabat atau sudah berapa ayat yang sahabat baca hari ini? Semoga sudah ada ya, meski sedikit, Karena Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tapi istiqamah dibandingkan banyak tetapi hanya sekali. Tentunya sahabat ingin melakukan yang disukai oleh Allah kan?
Hukum hukum di Dal Membaca Al Qur'an sangat banyak ya sahabat, beberapa diantaranya sudah kita bahas, meski belum tuntas, dan insyaAllah akan dituntaskan. Meski begitu, saya akan berusaha menuntaskan semua hukum membaca. Qur'an nya sahabat.
Baiklah sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membaca Idzhar Syafawi.
Sahabat tentu tahu, bahwa di dalam hukum membaca Al Qur'an, ada yang disebut dengan Ikhfa Syafawi dan ada juga Idzhar Syafawi, dan tentu tidak hanya sekedar namanya saja yang berbeda sahabat, akan tetapi juga cara membacanya juga berbeda. Bagaiman cara membaca Idzhar Syafawi ini?
Yaitu, Apabila ada mim sukun bertemu dengan
salah satu huruf yang 26, ya’ni semua huruf
hijaiyah selain huruf mim dan baa’ maka jadi,  harus dibaca yang terang di bibir dengan mulut  tertutup. Dan harus lebih dijelaskan (diidh-harkan) lagi apabila bertemu dengan
huruf wau (و) dan faa’ (ف).
Sudah paham sahabat? Hehe, mudah sekali kok menghafal dan mempraktekkan nya. Intinya sebuah bacaan dapat dibaca dengan hukum Idzhar Syafawi ialah, apabila sahabat menemukan Mim sukun, atau Mim mati ketika membaca Al Qur'an, kemudian Mim mati tersebut bertemu dengan huruf-huruf Hijaiyah, selain Mim dan Ba, maka cara membacanya ialah dengan menidzharkannya, atau dibaca dengan jelas sahabat.
Mudahkan sahabat? Yang penting dibaca jelas, tanpa dengung sama sekali yah.
Semoga sahabat sekalian sudah paham ya, oh ya jangan lupa untuk mempraktekkan nya ya sahabat, jangan lupa untuk mengulang ulang materi yang sudah pernah dibahas.
Alhamdulillah, sekian untuk kali ini sahabat. Semoga Bermanfaat, semoga kita dimudahkan Allah untuk memahami ilmu ilmu Nya yang super Luas, semoga Allah berikan keistiqamahan kepada kita untuk terus berada di jalan Nya, yakni Ihdinas Shiratal Mustaqim, serta Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita.
Demikian, Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca idzhar Syafawi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa