Cara Membaca Iqlab


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillahi Rabbil'alami. والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله واصحابه وسلم وبارك على محمد.
Alhamdulillah, Bagaimana kabar sahabat hari ini? Semoga sehat wal'afiyat yah. Sudah membaca Al Qur'an berapa kali sahabat atau sudah berapa ayat yang sahabat baca hari ini? Semoga sudah ada ya, meski sedikit, Karena Allah lebih menyukai amalan yang sedikit tapi istiqamah dibandingkan banyak tetapi hanya sekali. Tentunya sahabat ingin melakukan yang disukai oleh Allah kan?
Hukum hukum di Dal Membaca Al Qur'an sangat banyak ya sahabat, beberapa diantaranya sudah kita bahas, meski belum tuntas, dan insyaAllah akan dituntaskan. Meski begitu, saya akan berusaha menuntaskan semua hukum membaca. Qur'an nya sahabat.
Alhamdulillah, sahabat pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membaca Iqlab.
Sahabat sekalian, tentu pernah mendengar kata ini, dan tidak merasa asing lagi, baiklah langsung saja yah.
Iqlab ialah apabila ada nun sukun atau tanwin baik Fathah tain, Kashrah tain maupun Dhammah tain,  bertemu dengan huruf baa’ (ب) maka hukum bacaanya disebut dengan  IQLAB. Iqlab artinya : membalik atau menukar. Maksudnya apa? Yaitu, Ketika membaca huruf nun atau tanwin itu dengan dibalik (ditukar) menjadi Huruf Mim.
Jadi intinya ialah, Tanwin atau nunmati yang bertemu Dengan Huruf Ba, Maka dibaca menjadi Huruf Mim.
Banyak kok contohnya di dalam Al Qur'an, salah satunya pada Surat Al Baqarah ayat 18
" shummum bukmun 'umyun fa hum laa yarji'uun"
Yang seharusnya dibaca dengan Shummun, menjadi Shummum ya sahabat. Untuk contoh yang lain, sahabat bisa mencoba mencari pada ayat lain.
Dan Sahabat juga bisa mencoba mencari nya pada Qur'an surat Al Baqarah.
Demikian untuk pembahasan kali ini sahabat, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mempraktekkan nya ya, dan juga memberitahu kepada yang lain.
Semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah kepada kita. Jangan lupa untuk selalu bersyukur, baik dengan lisan maupun perbuatan ya sahabat.
Jangan Pernah bosan untuk belajar, karena memang hidup ini adalah pelajaran hehe.

Demikian, والله مواقف الى  عظم الطارق
فاستبقو الخيرات
ثم السلام عليكم ورحمة الله وبركاته