728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, August 29, 2017

Cara Membaca Mad Jaiz Munfasil



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
الحمد لله الذي هدان لهاذ وماكن لنهتدي لولا أن هدان الله
اشهد أن لا إله الا الله واشهد ان محمدا عبده ورسوله امابعد
Apa kabar Jiwa raganya sahabat? Apa kabar Imannya sahabat? Semoga senantiasa selalu mengupgrade imannya ya sahabat, serta memperbaiki niat jika dirasa niatnya sudah mulai tidak terarah.
Bagaimana nih Tilawah nya sahabat? Hari ini sudah berapa ayat? Sudah berapa lembar? Semoga sudah mencapai tiga ayat yah sahabat, kalau lebih malah MasyaAllah, apalagi ditambah dengan keistiqamahan, semakin luar biasa, karena jika hidup tidak membaca Al Qur'an, maka rasanya kita hidup itu seperti mati sahabat, jika rumah rumah kita tidak dihiasi dengan lantunan lantunan ayat Alquran, maka rumah itu akan terasa seperti kuburan, sungguh, saya merasakan nya sendiri sahabat.
Semoga sahabat sekalian mulai mengganti musik musik di rumah dengan murratal murratal ya sahabat.
Baiklah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membaca Mad Jaiz Munfasil.
Sahabat, setelah kemarin kita membahas tentang tatacara membaca Mad Wajib Muttasil, kini ada pula yang namanya Mad Jaiz Munfasil.
Namanya hampir sama ya? Hehe, ia, bahkan tidak jarang yang membaca Al Qur'an salah atau lebih tepatnya tertukar dalam menamai hukum bacaannya.
Baiklah, Mad Jaiz Munfasil, ialah apabila sahabat ketika membaca Al Qur'an kemudian menemukan, ada Mad Thabi'i bertemu dengan Huruf Hamzah, atau setelah Mad Thabi'i ada huruf Hamzah yang keberadaan kalimatnya adalah terpisah, maka cara membacanya disebut dengan Mad Jaiz Munfasil.
Ini kebalikan dari Mad Wajib muttasil ya sahabat.
Jaiz berarti boleh, dan Munfasil berarti Terpisah.
Sudah jelaskan sahabat? Kemudian bagaimana cara membacanya?
Cara Membacanya ialah boleh sepanjang atau seperti Mad Thabi'i boleh juga sepanjang atau seperti Mad Wajib muttasil, dan perlu sahabat ingat, bahwa lebih baik dibaca seperMad Wajib muttasil ya.
Sudah pahamkan sahabat? Jangan lupa dan sampai ketukar ya. Karena perbedaan nya memang sangat sederhana.
Demikian untuk kali ini sahabat, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk praktek praktek dan praktek, semoga Allah mencurahkan Nikmat Nya kepada kita, dan memberikan pemahaman yang mudah bagi kita yang sedang berjuang di jalan Nya.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membaca Mad Jaiz Munfasil Rating: 5 Reviewed By: Anita aa