728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, September 21, 2017

Cara Menulis Deskripsi

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, alhamdulillahi Rabbil'alamin. Wasshshalatu wassalamu'ala asyrafil anbiya walmursalin wa'ala alihi washahbihi ajma'in. Amma ba'du.
Alhamdulillah. Syukur hanya pantas kita ucapkan kepada Allah, berkat karunia dan segala Rahmat serta Nikmat Nya kita dapat menikmati Indahnya hidup dengan mudah .
Shalawat dan salam kepada Baginda Rasul yang telah membawa kita dari zaman jahiliah kepada zaman yang penuh dengan belas kasih serta kasih sayang, yang telah membawa kita dari zaman Kebodohan kepada Ilmu pengetahuan. . Alhamdulillah sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Menulis Deskripsi.
Sahabat, sahabat Sekalian tentu pernah diminta untuk mendeskripsikan sesuatu kan? Ntah itu saat belajar formal di sekolah, maupun saat bermain karena tidak jarang ada seseorang yang meminta kita untuk mendeskripsikan sesuatu.
Okeh, sahabat. Ketika ingin mendeskripsikan, tentukan dahulu objek yang ingin kita deskripsi kan. Kemudian tuliskan judulnya terlebih dahulu, usahakan menulis dan membuat judul yang menarik ya, judul yang sejenis atau hampir sama seperti sinopsis.
Nah, setelah menemukan objek dan judul yang tepat, Mulailah untuk memandang objek tersebut terlebih dahulu, setelah memandang objeknya coba sebutkan dengan lisan dulu mengenai ciri ciri objek tersebut, jangan ditulis dahulu ya.
Kemudian, Silahkan buat dahulu sebuah rancangan mengenai jenis atau model tulisan deskripsi ini, setakh Memiliki gambaran, dan merasa cocok, barulah coba untuk menulis nya.
Mendeskripsikan sesuatu akan sangat menarik jika ditulis dalam.bentik cerita atau narasi sahabat, kalau menulis deskripsi sebuah objek dengan bahasa atau gaya narasi biasa, maka akan sangat monoton.
Setelah judul, perkenalkan dahulu tentang objek yang akan dideskripsikan, setelah itu barulah mulai menulis tentang deskripsi objek tersebut dengan bahasa dan gaya bahasa yang tidak biasa, nah satu lagi nih, gunakanlah bahasa yang membuat pembacanya penasaran. Hehe
Contohnya.
Hai, Perkenalkan ini adalah sebuah benda yang selalu menemani ku saat aku bersedih. Dia selalu bersedia menjadi teman keluh kesah ku beberapa tahun ini. Aku mencintainya, dia yang selalu ada di saat aku sedang merasa terjatuh. Dia yang selalu mendengarkan dan bersedia berada di dekatku meski terkadang aku meninggalkan dan membanting nya. Dia selalu memiliki pasangan dalam hidupnya, jika salah satunya hilang atau tidak ada, maka dia tak akan dapat berfungsi sebagaimana biasanya, variasinya sangat beragam dengan ukuran, warna dan bentuk yang juga beragam. Ada yang kecil, besar dan sedang, sangat mudah untuk didapatkan, dan berada di setiap toko sehingga mudah dicari.
Apakah itu?
Hayo, sudah tahu kan? Bisa menebak atau tidak?
Begitulah sahabat, semoga paham ya.
Demikian untuk kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Deskripsi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa