728x90 AdSpace

Latest News
Friday, September 29, 2017

Cara Menulis Opini

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على اشرف الانبياء والمرسلين وعلى اله وصحبه وسلم.
Apa  kabar sahabat? Semoga tetap  dalam lindungan Nya yah.
Sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menulis Opini.
Sahabat tentu mengetahui opini kan? Karena pada saat di bangku sekolah tentu sudah mempelajari bagian Ini, yah opini ini sangat erat hubungannya Dengan Fakta.
Opini ini adalah sejenis Tulisan yang memuat tentang pendapat kita pribadi sahabat, atau bisa juga pandangan orang lain.
Banyak sekali di artikel artikel yang membuat tentang Opini ini, dan bayarannya juga lumayan loh sahabat. Apakah tidak ingin tulisan kita dimuat, kemudian mendapatkan fee? Tentu hal ini sangat menguntungkan kan? Selain mudah juga merupakan sebuah pelatihan bagi diri kita untuk terus menulis tanpa henti.
Baiklah, untuk langkah awal, sahabat cukup mengangkat sebuah tema yang sangat sederhana terlebih dahulu. Setelah sahabat menemukan bahwa tema nya, sahabat bisa mengumpulkan fakta fakta, lah kenapa fakta fakta? Bukankah ini adalah opini? Yah benar sahabat, akan tetapi, kita dapat membuat sebuah opini juga tidak sembarangan opini, kita harus mengetahui asal muasal nya terlebih dahulu, maka dari itu kita membutuhkan fakta fakta.
Nah setelah sahabat mendapatkan keduanya, sahabat boleh mulai beropini berdasarkan fakta yang telah sahabat punya, sahabat bisa memperkuat opini sahabat dengan apapun, bisa dengan kejadian atau fenomena yang terjadi.
Kemudian, mulailah menuliskan nya, mulailah menulis sebuah Pengantar terlebih dahulu, biasanya pengantar ini berisi latar belakang sahabat menulis atau mengangkat tema ini, setelah itu sahabat bisa menyampaikan atau menuliskan berbagai macam opini orang lain, dan fakta fakta yang ada, barulah setelah itu sahabat bisa memulai menulis opini menurut sahabat, tapi ingat yah, jangan hanya sekedar opini sahabat, usahakanlah disertai dengan berbagai data yang pasti, pertimbangan yang matang dan bukti yang nyata agar Opini sahabat lebih kuat.
Demikian untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat sahabat.
Coba saja menuliskan opini opini yang ringan terlebih dahulu agar tidak terasa begitu sulit.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Opini Rating: 5 Reviewed By: Anita aa