728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, September 10, 2017

Cara Menulis Surat Resmi


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi Rabbil’alamin. Segala puji hanya Milik Allah, sang pemilik jagat Raya, yang senantiasa tidak pernah lelah dalam mengurusi makhluk Nya. Shalawat serta salam, kepada baginda Nabi Muhammad, yang telah gigih memperjuangkan islam, dan semoga kita mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak.
Alhamdulillah, sahabat, pada kesempatan kali ini, kita tidak lagi membahas mengenai cara membaca al Quran, kita akan membahas dengan topic yang lain yah. Kita akan membahas materi dengan tema “ cara menulis surat resmi“ di mana kita ketahui bahwa jenis surat ini bermacam macam, maka cara penulisannyapun berbagai macam pula.
Sebelum kita masuk kepada cara menulis surat resmi, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui terlebi dahulu pengertian dari surat ya.
Surat resmi, merupakan sebuah sarana komunikasi untuk menyampaikan sebuah informasi secara tertulis oleh satu pihak kepada pihak lain. Kita tahu, meski sekarang sudah zamannya gedjet tetap saja keberadaan dan posisi surat belum bisa digantikan olehnya.
Okeh, itu pengertian dari surat, lalu apa itu surat resmi? Sama seperti pengertian surat tersebut, hanya saja ada tambahannya, ialah suratnya dibuat oleh suatu organisasi, lembaga atau instansi tertentu yang sudah sah di mata hukum.
Sudah pahamkan? Hehe, setelah paham, kita akan langsung praktek ya sahabat.
Sebelum kita perhatikan, kita harus mengetahui terlebih dahulu unsur unsur yang ada danketentuan yang ada di dalam surat resmi tersebut, yang harus ada ketika menulis surat resmi ialah :
Kop surat
Kop surat, biasa disebut dengan kepala surat. Kop surat ini biasanya berisi nama lembaga, organisasi atau instansi tertentu, yang ditulis dengan huruf capital, dan biasanya juga dibubuhkan dengan alamat instansi, organisasi atau lembaganya, beserta logo. Ingat ya sahabat, kopsurat ini adalah bagian kepala surat, yang ditulis pada bagian paling atas surat, tepat di tengah, setelah nama instansi, baru alamat. Lalu, logonya dimana? Logonya diletakkan di pojok kanan dan atau kiri sahabat.
Nomor, perihal dan tanggal
Setelah kop surat, biasanya akan diberi garis hitam sahabat, sebagai penanda kop surat tersebut. Kemudian, di bawah garis tersebut, sebelah paling kanan, sahabat bisa menuliskan nomor surat, dan di bawah nomor surat, ada perihal. Nmor surat ini, isinya adalah nomor surat yang dikeluarkan ya sahabat, kemudia pada perihal tentu berisi tentang keperluan apa surat tersbeut diajukan. Nah, setelah nomor dan perihal selesai, sahabat kemudian harus menuliskan tanggal pembuatan surat, diletakkan dimana? Tanggal pembuatan surat, diletakkan di pojok bagian kanan, sejajar dengan nomor surat, hanya saja berbeda peletakannya saja. Jangan lupa ya sahabat, cantumkan tempat surat dibuat, tanggal, bulan dan tahunnya. Hanya saja, ada juga versi yang lainnya sahabat, ada beberapa yang meletakkan peletakkan tanggal di bagian pojok kiri, dan di enternya bagian pojok kanan, barulah nomor surat dan perihal, tapi tidak apa apa sahabat, keduanya sama sama boleh dipakai, hanga saja, lebih banyak yang menggunakan yang kedua.
Alamat surat
Alamat surat ini sangat penting, berisi kepada siapa surat tersebut ditujukan ya sahabat, dan penulisannya tepat di bawah perihal surat.
Salam pembuka
Salam pembuka ini biasanya berisi tentang pujian pujian kepada Tuhan.
Isi
Sahabat tentu sudah paham ya perihal isi ini, biasanya mencakup apa yang mnejadi tujuan dari pengiriman surat kita, atau lebih tepatnya penjabaran daripada perihal tersebut.
Penutup
Penutup ini biasanya berisi tentang ungkapan terimakasih kepada pihak penerima surat tersebut.
Tanda tangan
Tanda tangan pada surat resmi tentu berbeda dengan tanda tangan pada surat tidak resmi ya sahabat. Pada surat resmi, selain tanda tangan, juga harus dibubuhi stempel instansi, organisasi atau lembaga yang mengirim surat.
Demikian untuk pembahasan kali ini sahabat, jika terdapat kekeliruan, maka silahkan dikoreksi.
Wassalamualaikum warahmatullah wabaraka

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Surat Resmi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa