728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, September 10, 2017

Cara Menulis Surat Tidak Resmi


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdlillah, segala puji hanya Milik Nya, atas berkat limpahan rahmat, hidayah serta karuania Nya kita masih dapat menikmati kehidupan yang fana ini sahabat. Shalawat serta salah, semoga terus senantiasa kita ucapkan atau kita lafadzkan sebagai bentuk syukur kita akan perjuangan hebat Sang suri tauladan terbaik sepanjang masa, semoga Allah jadikan kita hamba Nya yang pandai bersyukur.
Alhamdulillah, setelah kita membahas mengenai cara menulis surat resmi, maka kali ini kita akan menulis surat tidak resmi.
Pembagian jenis surat hanya ada dua macam sahabat, yakni surat resmi dan surat tidak resmi.
surat resmi memiliki unsur unsur yang harus dipenuhi serta ketentuan yang baru, tentu berbeda dengan surat tidak resmi yah. Surat tidak resmi tentu tidak memiliki unsur unsur sebanyak surat resmi, dan tidak begitu sulit juga menulisnya.
Cara membuat surat tidak resmi sebenarnya sudah sering kita lakukan sahabat, hehehe. Lah kok bisa? Iya bisa, karena surat tidak resmi ini seperti saat kita menulis diary di buku kita, hayo pasti sering kan yak?
Iya, seperti itulah menulis surat tidak resmi, ditulis dengan bahasa yang bebas, tidak meski dituis dengan menggunakan bahasa yang baku, tidak juga terstruktural seperti surat resmi.
Hanya saja, biasanya ketika kita menuliskan diary kita tidak menuliskan nama pengirim ( nama kita ), penerima dan tanda tangan, yah karena memang niat kita jika menulis diary tentu bukan untuk dikirim.
Nah, jika diary itu ingin dibuat menjadi sebuah surat, sahabat tinggal menambahkan nama pengirim dan penerima begitu saja ditambah tanda tangan, jangan lupa ya pakai salam pembuka, isi dan penutup, hehehe, karena kalau pembuka, isi dan penutupnya tidak lengkap, bukan surat namanya.
Jadi, itu sudah sangat jelas yah sahabat, perbedaan dan cara menulis surat resmi dan surat tidak resmi.
Demikian untuk kali ini, semoga sahabat semakin rajin menulisnya yah. Unutk langkah awal, sahabat bisa belajar memperbanyak menulis diary, karena itu adalah cara yang paling mudah untuk bisa menjadi seorang penulis.
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Surat Tidak Resmi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa