728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, September 21, 2017

Cara Menulis Surat untuk Adik

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Hamdan wasysyukran lillah.
Ashshalat wassalamuala asyrafil anbiya wal mursalin wa’ala alihi washahbhi ajmain.
Alhamdulillah, bagaimana kabarnya sahabat? Sudah bersyukur hari ini? Jika belum bersyukurlah terlebih dahulu, akan nikmat yang tidak akan pernah mampu kita hitung ini, shalawat serta salam kepada naginda Nabi Muhammad SAW. Dengan melafadzkan Allahumma Shalli ‘ala Muhammad wa’ala alihi Muhammad.
Baiklah sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan menulis surat untuk Adik.
Sahabat tentu punya adikkan? Tentu sahabat sekalian ingin bercerita banyak hal kepada adiknya sahabat, baik itu tentang sekolahnya atau untuk bernistalgia masa kecil. Memang, media social sangat berperan saat ini, namun bukan berarti segala sesuatu harus dengan media social kan? kita dapat menggunakan media social pada hal hal tertentu saja, karena antara pesan yang disampaikan lewat surat tentu akan sangat berbeda dengan pesan lewat Media social.
Nah, langsung saja yah.
Ketika akan menulis surat untuk adik, sahabat bisa menggunakan bahasa yang bebas, santai namun harus dengan kesantunan yah, karena tak bisa dipungkiri bahwa adik kita tentu masih labil dan sesitif serta mudah tersinggung, jadi meski sangat hati hati dalam menulisan surat kepadanya.
Yang pertama, tulislah dahulu di sebelah pojok kiri tanggal dan tenpat pembuatan surat. \
Di sebelah pojok kanan, tulislah untuk siapa dan dari siapa surat itu ditujukan, tulislah dengan bahasa yang puitis sehingga dapat mmebuat yang membacanya tersanjung. Seperti,
Untuk adindaku tersayang yang mulai tumbuh menjadi bunga berduri.
Dari mbaku, yang senantiasa selalu menyayangimu tanpa kata kata.

Nah setelah itu, tuliskan sebuah salam untuknya, bisa salam hangat, salam rindu, dan lain sebagainya.
Setelah salam, tuliskan kembali salam kedamaian, ( assaamualaikum ), kemudian tanyakan kabarnya, bagaimana sekolahnya, dan bagaimana kehidupannya, barulah kemudian sahabat ceritakan dan ungkapkan apa yang sahabat rasakan, bisa perasaan rindu, perasaan sayang atau apalah namanya kepada dik sahabat.
Misalnya.
Salam Rindu,
Assalamualaikum wr.wb.
Adindaku sayang, bagaimana kabarmu saat ini? Rasanya sudah sangat lama kita terpisah jarak namun tetap terasa dekat. Bagaimana shalatmu sayang? Masihkah bolong bolong seperti saat mbakmu ini dirumah bersamamu? Akh adindaku sayang, mbak mu ini sedang dilanda rindu, sebab kata orang orang obat yang paling ampuh sebuah rindu adalah bertemu. Ntahlah nduk, mbakmu inipun belum tahu pasti akan pulang, yang penting semoga shalatmu tidak lagi bolong nolong ya sayang, sudah besar kan? heehe.
Dst.

Bubuhkan nasehat dengan kalimat atau cerita yang menarik hatinya, agar dia tak merasa disudutkan. Kalau bisa berikan nasehat yang banyak dan dikemas dengan baik, rapi dan indah.
Setelah bagian isi, barulah penutup surat. Kalau bisa, dibagian penutup ini berikan nasehat yang paling indah untuknya, yang menurut sahabat adalah hal yang paling penting untuk diperbaikinya.
Demikian untuk kali ini, semoga sahabat bisa menuliskan sebuah surat untuk adik sahabat. Masih banyak kekurangan saya dalam menulis, maka dari itu saya mohon maaf dan mohon masukannya, wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Surat untuk Adik Rating: 5 Reviewed By: Anita aa