728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, September 16, 2017

Cara Menulis Surat Untuk Sahabat


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
الحمد لله الذي خلق الانسان وعلمه البيان
الصلاة والسلام على رسول الله صلى الله عليه وسلم
Alhamdulillah, bagaimana kabar sahabat hari ini?
Semoga tetap dalam lindungan Nya ya.
Marilah kita bersyukur atas segala limpahan karunia-Nya yang tidak dapat kita hitung satu persatu. Shalawat serta salam semoga terus kita Lafaz kan kepada Baginda Rasul Muhammad saw.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Cara Menulis surat untuk sahabat.
Sahabat sekalian tentu memiliki teman dekat atau biasa disebut dengan sahabat. Kita tidak dapat memungkiri kecanggihan teknologi zaman sekarang, dimana segala sesuatu nya dapat diakses dengan mudah, cepat dan praktis, namun satu hal yang perlu kita ingat bahwasanya antara berbicara langsing tentu berbeda dengan berbicara lewat media, begitupun dengan pesan, tentu antara mengirim pesan lewat Media pun berbeda dengan pesan yang disampaikan lewat surat.
Dan menurut saya, Ada kesan tersendiri yang dihadirkan oleh surat.
Sahabat, kemarin kita sudah pernah membahas mengenai cara menulis surat untuk orangtua. Sebenarnya, antara surat tersebut dengan surat ini tidaklah berbeda jauh, yang membedakannya hanyalah gaya bahasa yang digunakan, kalau bagian bagian suratnya tentu sama saja.
Okeh, langsung saja.
Jika sahabat ingin menulis surat untuk sahabat atau teman dekatnya, maka pilihlah bahasa yang tidak menyinggung perasaannya, karena meski sudah menjadi sahabat, tentu ada batas batas yang tidak boleh kita lewati.
Setelah memilih bahasa yang tepat, langsung saja tulis suratnya.
Pertama Tama, tulislah dahulu Tanggal saat sahabat menulis surat itu, tulislah di pojok bagian kiri sertas, sertakan tempat sahabat sedang menulis surat tersebut.
Contoh : Kota Pelajar, 12'0917
itu adalah tulisan tanggal Anak sekarang, kesannya gaul kan? Hehe. Kalau urusan tempat, bisa saja dibuat dengan nama kotanya, julukan kotanya, atau apa saja yang dapat membuat si penerima surat paham.
Setelah Tanggal, tulislah dibagian kanan kertas untuk siapa surat itu ditjukan, bisa Dengan bahasa yang kasual, agar kesannya semakin akrab,
misalnya : "Teruntuk Kamu yang telah setia menjadi pendengar setia tiap langkahku,
Rani "
Kemudian,   Salam pembuka surat sahabat. Sahabat bisa menuliskan nya dengan Salam di bawah tujuan atau alamat surat, bisa juga dengan Kata kata pembuka lain, seperti : Salam rindu, salam hangat, Salam persahabatan.
Setelah selesai salam pembuka, sahabat bisa langsung kepada topik yang akan dibahas, atau lebih tepatnya ialah ke bagian isi surat.
Bisa diawali dengan panggilan akrab, tanyakan kabar, tanyakan studinya, kondisi keluarganya, baru masuk ke perihal yang ingin disampaikan. Sampaikanlah dengan kata kata yang mudah dipahami, kalau sahabat bisa menulis nya dengan bahasa yang puitis, itu juga lebih bagus.
Contoh :
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Hai Beib,
Bagaimana kabar imanmu kini? Masihkah seperti beibh yang kukenal dahulu? Yang rasanya tak pernah bisa belajar bila tidak diawali dengan lantunan Kalam Kalam Nya dahulu. Bagaimana kabar Raga mu beibh? Masihkah seindah yang kukenal seperti awal pertemuan kita?
Aku sehat Beib, meski Kau tak menanyakan kabarku, tapi tolong jangan tanyakan aku perihal hatiku yah. Heheh. Aku baik baik saja beih, semoga kau pun sa dengan ku.
Beibh, aku rindu.
Bagaimana dengan mu ? Apakah kita masih bisa seperti dulu? Bercerita segala hal di deretan kursi panjang, ( dan  seterusnya.. )
Itu adalah contoh basa basi surat untuk sahabat.
Nah untuk lanjutannya, sahabat bisa langsung masuk ke pembahasan, atau hal apa yang ingin dibahas dan diceritakan kepada sahabatnya atau penerima surat.
Sudah, selesai.
Apabila isi surat sudah selesai, maka tinggal membubuhkan salam penutup aurat sahabat, lalu tanda tangan.
Mudah kan?
Nah, menurutku, surat akan memiliki makna atau kesan, jika diawal surat sahabat bisa membangkitkan ingatannya saat kalian bersama, tentu dia akan merasa Bahagia dan tersenyum membayangkan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Surat Untuk Sahabat Rating: 5 Reviewed By: Anita aa