728x90 AdSpace

Latest News
Monday, September 11, 2017

Cara Menulis Surat untuk Orangtua


Assalamualaikum warahmatullah wabarakutuh.
Innalhamdalillah, nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruh.
Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad.
Alhamdulillah sahabat, pada kesempatan yang berbahagia ini Allah masih terus memberikan dan melimpahkan kasih sayangnya kepada kita semua, yang apabila kita berusaha untuk menghitungnya maka kita tidak akan dapat menghitungnya.
Shalawat dan salam, semoga terus selalu kita sampaikan kepada suri tauladan serta junjungan kita yang telah memperjuangkan islam dengan gigih tanpa lelah. Seorang yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah kepada zaman yang penuh dengan ukhuwah islamiyah.
Alhamdulillah, semoga Allah jadikan kita hamba Nya yang pandai bersyukur dalam keadaan seperti apapun.
Baiklah sahabat, pada pembahasan yang lalu, kita telah membahas mengenai pengertian surat, surat resmi dan juga surat resmi, dan untuk kesempatan kali ini, kita akan membahasa mengenai cara menulis surat untuk orangtua.
Sahabat, pembagian surat terbagi menjadi dua macam, yang pertama ialah surat resmi dan yang kedua ialah surat tidak resmi, dan surat unutuk orangtua ini termasuk kedalam surat yang tidak resmi.
Seperti yang telah Kita ketahui, bahwasanya zaman yang sekarang kita hadapi adalah zaman yang sarat dengan teknologi, semuanya serba online, sampai sampai mulai bermunculan meme diberbagai media dengan caption “ HP itu mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat “.
Baiklah, kita tidak akan membahas mengenai hal ini, kita akan focus kepada bahagaimana cara menulis surat untuk orangtua kita.
Menulis itu sebuah kegiatan yang dapat dikatakan sulit dapat juga dikatakan mudah. Menulis dapat dikatakan sebagai hal yang mudah adalah ketika kita menulisnya dengan perasaan, hehehe. Seperti saat galau, tentu saat seperti ini sangat memungkinkan kita dapat menulis banyak hal di buku kita, begitu juga dengan menulis surat untuk orangtua kita.
Kita perlu menulisnya dengan sebuah emosi, tapi jangan bayangkan bahwa emosi di sini adalah emosi kemarahan, tetapi emosi kerinduan.
Ada saatnya kita rindu kepada orangtua kita, dan ada saatnya pula kita harus menyampaikan nya kepada mereka salah satu cara menyampaikannya ialah dengan mengirimi surat kepada mereka.
Caranya ialah tulislah sebuah surat dengan kata kata yang sopan dan santun, pilihlah diksi yang terbaik, dan tepat, untuk langkah awal, jangan lupa ucapkan salam kepada mereka di bagian awal surat. Setelah menyampaikan salam, bubuhkan salam pembuka lainnya, seperti “ salam rindu untuk ayah dan bunda, yang semoga dirahmati dan berada di dalam lindungan Allah “, kira kira begitulah salam pembukanya setelah salam.
Setelah itu, tanyakan kabar mereka, dan sampaikan juga kabar kamu setelahnya agar mereka lega saat membacanya, seperti “ ayah, ibu, bagaimana kondisi kalian saat ini? Apakah masih seperti yang dulu? Yang selalu menunggu kepulanganku mengenakan seragam merah putih? Ketahuilah bahwa anak kalian ini baik baik saja, jang terlalu dikhawatirkan hehe “ sepeti itu juga bisa.
Nah, setelah selesai menanyakan kabar, berceritalah kepada mereka lewat surat tersebut, berceritalah suka dan duka yang kalian alami, ceritakan yang menjadi hambatan dengan mengalir, dan tetap ingat tetap gunakan dengan bahasa yang sangat baik, sopan, dan dnegan diksi yang terbaik.
Setelah bagian ini, sampaikanlah ucapan terimakasih kepada mereka, meski mereka tidak pernah memintanya, namun ketika kita menyampaikannya meski tidak secara langsung, tentu mereka akan merasa sangat bahagia, contohnya, “ ayah, ibu. Terimakasih untuk segalanya, aku inign mmeberikan dunia dan seisinya kepada kalian, namun aku tahu aku tak mampu, maka izinkanlah kuberikan dunaiku kepada kalian. Terimakasih telah mendidikku hingga saat ini, dan maafkan segala kekhilafan anak kalian ini. “ setelah menyampaikan ungkapan terimakasih dan maaf, maka surat sahabat sudah jadi, hehehe. Kemudia berikan salam penutup, bisa dengan ditutup oleh doa, bisa juga ditutup dengan kata maaf kembali.
Demikian untu
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Surat untuk Orangtua Rating: 5 Reviewed By: Anita aa