Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Bagaimana kabar sahabat? Semoga sehat wal'afiyat dan senantiasa dalam lindungan Allah ya. Baiklah sahabat, setelah tadi dan kemarin kita membahas mengenai Cara menulis Skripsi pada bagian Proposal, kemudian Seminar Proposal hingga kepada Perbaikan Proposal Skripsi.

nah pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan nya sahabat. Sahabat, sebelum membahas mengenai Isi dari Skripsi, sahabat perlu tahu terlebih dahulu, apa itu skripsi. Skripsi adalah laporan tertulis dari suatu studi ilmiah yang membahas suatu masalah. Jadi, skripsi adalah sebuah Laporan ya sahabat, tentunya laporan mengenai penelitian yang sahabat lakukan berdasarkan program studi atau jurusan yang sahabat ambil.

Sebenarnya, ketika sahabat menulis Skripsi, sahabat sudah melakukan serta mencakup beberapa kegiatan ilmiah sekaligus, mulai dari menemukan masalah, meneliti, menganalisa hingga kepada menulisnya dalam bentuk laporan. Sudah tahu kan sahabat pengertian skripsi? Okeh, kita akan lanjutkan ke pembahasan selanjutnya. Perlu sahabat ketahui, bahwa format ketika menulis skripsi itu ada tiga, dan bagian atau format format tersebut tidak berbeda jauh dengan penulisan makalah biasanya, apa saja? Pertama ialah bagian depan Skripsi, Kemudian bagian Isi skripsi, dan terakhir adalah bagian penutup skripsi.

Pada bagian Depan skripsi, ada sembilan poin sahabat. Pertama ialah Halaman acover atau sampul dari Skripsi sahabat. Pada halaman sampul, itu memuat judul skripsi yang sahabat teliti, lambang Universitas sahabat, maksud skripsi, Nama sahabat, NiM sahabat, nama program studi yang sahabat ambil, nama Fakultas yang sahabat duduki, nama universitas dan tahun sahabat menyelesaikan skripsi tersebut. Bagian Cover sudah clear ya sahabat. Untuk ketentuan baku dalam penulisan, insyaAllah akan kita bahasa secara tersendiri. Kita akan fokus kepada sistematika atau urutan dan penulisannya sahabat, mengenai ketentuan bakunya, nanti saja.

Okeh, poin selanjutnya ialah Halaman judul sahabat. Halaman judul ini, hampir sama dengan halaman cover sahabat, yang membedakannya hanyalah pada jenis kertas yang digunakan. Kalau halaman Cover, tentu jenis kertas yang digunakan bukankah kertas HVS biasa sahabat, heheh, halaman cover atau sampul ini diprint dengan jenis kertas yang lumayan tebal.
Halaman Nota dinas.

Halaman motto. Motto skripsi atau motto adalah sebuah semboyan yang sahabat gunakan atau semboyan yang membuat sahabat merasa sangat terinspirasi, yang datangnya bisa darimana saja dan dari siapa saja. Motto skripsi ini, biasanya tidak sedikit Mahasiswa yang mengutip berbagai ayat ayat di dalam Al Qur'an dan al hadis, ada juga yang menutupi Kata kata bijak, atau bisa juga dari slogan slogan atu semboyan semboyan yang beredar Sahabat, yang tentunya juga berkaitan dengan apa yang sedang sahabat judul skripsi yang sahabat ambil.

Selanjutnya, ialah Halaman persembahan. Halaman persembahan adalah ucapan terimakasih yang hendak sahabat berikan atau hendak sahabat ucapkan kepada siapapun, ya siapapun yang telah menginspirasi sahabat, selalu mendukung sahabat, yang telah mendorong shaabt, yang sudah mensupport sahabat, dan yang telah membantu sahabat dalam proses penyelesaian skripsi tersebut. Sahabat bebas mencantumkan nama siapapun pada lembaran ini, tapi tentunya kalau bisa orang orang yang sahabat Cantumkan adalah mereka mereka yang memang berperan dalam penulisan dan mensupport sahabat.

Sudah lima poin ya sahabat, berarti ada sembilan poin lagi pada bagian Depan yang harus diselesaikan. Selanjutnya adalah kata pengantar. Bagian ini adalah bagian yang memuat puji syukur atau rasa syukur kepada Allah, dan di dalamnya juga terdapat ungkapan terimakasih sahabat terhadap pihak yang sudah terlibat secara langsung.

Kemudian ialah Daftar Isi. Daftar isi ini, memuat halaman halaman Bab baba yang ada sahabat, halaman halaman sub bab sub bab, halaman halaman yang dimulai dengan berurutan mulai dari kata pengantar sampai kepada lampiran.
Daftar tabel adalah bagian selanjutnya. Bagian ini memuat daftar tabel, peta, diagram, grafik, ilustrasi, dan lain sebagainya, jika ada ya sahabat, yang disusun dengan nomor halamannya.
Bagian daftar tabel ini, bisa sahabat Cantumkan jika saat penelitian memang ada atau terdapat tabel tabel, ilustrasi dan sebagainya, jika tidak ada, sahabat tidak perlu mencantumkannya.

Bagian terakhir pada Halaman Depan adalah abstrak sahabat. Bagaimana caranya ? Pertama ialah, sahabat tulis terlebih dahulu tulisan Judul pada halaman paling atas, Dengan format huruf kapital yang dibold atau ditebalkan, dan diletakkan di bagian tengah. , Kemudian diikuti dengan nama peneliti, tanpa gekarya sahabat dan diletakkan di tebga juga.

Lalu, sahabat ketika tulisan "ABSTRAK", kemudian letakkan di tengah juga. Jadi, ketiga hal tersebut, mulai dari judul, nama peneliti atau nama sahabat dan penulisan kata ABSTRAK, itu sejajar, semuanya diletakkan di tengah tengah, hanya saja, diantara ketiga tersebut, yang ditebalkan hanya pada bagian judul saja.
Pada abstrak penelitian, diketik dengan satu spasi saja sahabat, yang memuat tiga bagian.

Alinea pertama, berisi tentang masalah dan tujuan. Sahabat menyebutkan dan menuliskan masalah dan tujuan yang membuat sahabat mengambil topik atau tema skripsi yang sahabat ambil atau sahabat teliti.

Alinea yang ke dua, berisi tentang cara yang sahabat gunakan ketika melakukan penelitian, bisa meliputi populasi dan sampel penelitian( penelitian kuantitatif), atau subjek penelitian(penelitian kualitatif),,metode, teknik pengumpulan data serta teknik analisis data.
Alinea ke tiga berisi hasil penelitian dan kesimpulan.
Jadi, istilahnya, abstrak ini hampir sama seperti sinopsis sahabat, yang dengan hanya membacanya saja, orang yang membaca sudah dapat mengetahui apa yang dibahas pada skripsi tersebut, atau paling tidak, pembaca sudah memiliki gambaran umum mengenai Isi dan keseluruhan dari Skripsi yang sahabat buat.

Mudahkan sahabat? Saya teringat Kata dosen saya, yang pada satu tulisan yang mana, saya pernah menyebutkan juga, bahwa " Skripsi itu yang paling cepat selesai bukanlah Mahasiswa yang pandai, akan tetapi skripsi itu dapat selesai dengan cepat dikarenakan ketelatenan Mahasiswa tersebut. ". Itu Artinya apa? Tindakan nyata sangat dibutuhkan di sini. Kalau orang pandai atau Mahasiswa pandai, biasanya hanya memperbanyak teori saja sahabat, sehingga karena terlalu banyak teori, mereka atau dia lupa untuk melakukan tindakan nyata dari aoa yang diteorikannya. Jadi, berusaha kah menjadi Mahasiswa atau Manusia yang berorientasi pada tindakan nyata sahabat, bukan hanya sibuk berteori akan tetapi tanpa tindakan.

Semoga bermanfaat sahabat, selamat menyelesaikan ujian akhir atau skripsi bagi yang menjalankannya. Bagi yang tidak, cobalah menulis dan terus menulis sahabat, agar kualitas tulisan yang kita miliki dapat meningkat terus terus dan terus. Karena kata Imam Al Ghazali, " apabila kau bukan anak dari seorang pejabat, atau bukan dari anak seorang raja, maka menulis lah", begitulah kurang lebih nasehat indah nya.
Yang semoga kita dapat menulis yang baik baik dalam kehidupan kita. Teruslah menulis kebaikan, karena kita tidak tahu, tulisan mana yang kelak dapat mengantarkan kita menuju Nya.

Salah dan khilafnya saya mohon maaf. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.