728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, October 18, 2017

Cara menulis buku diterbitkan oleh penerbit


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Sahabat, bagaimana kabarnya pagi hari ini?
Semoga sehat wal'afiyat yah, jasmani dan rohaninya.
Sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menulis buku diterbitkan oleh penerbit.

Pernah tidak, sahabat berfikiran atau memiliki keinginan untuk menuliskan sebuah buku? Ingin tidak, sahabat dikenang dengan berbagai karya karya sahabat? Ingin kan? Mungkin sahabat pernah mencoba-coba menulis, namun masih bingung? Ini insyaAllah akan kita bahas ya.
Sahabat, menulis itu, keharusan bagi kita.
Kenapa? Karena dengan kita menulis, para generasi kita akan mengetahui kehidupan zaman pada sebelum masanya. Lagi pula, sangat beragam manfaat yang dapat dirasakan oleh diri kita pribadi dan juga di sekeliling kita.

Nah, langkah awal, ketika sahabat hendak membuat buku adalah menentukan jenis buku apa yang hendak sahabat buat. Sangat banyak jwnisnua sahabat, bisa novel, buku agama, buku saku, sastra dan lain sebagainya, sahabat bisa memilih tema yang menurut sahabat sangat mudah, ambil yang paling mudah dahulu sahabat, bagi pemula.

Ketika sahabat sudah menentukan jenis buku, mulailah mencari inspirasi mengenai tema dan judul yang akan sahabat bukukan. Buatlah semenarik mungkin, oh ya, sahabat juga harus memikirkan target, yah target untuk kalangan apa buku yang sahabat tulis, untuk orang tau kah? Untuk anak anak kah? Untuk pelajar kah? Dan lain sebagainya.

Ketika sudah menemukan jenis dan tema serta judul, sahabat bisa membuat poin poin apa saja yang akan ada di dalam buku sahabat. Buat dalam poin poin besar saja sahabat, jika nanti dalam poin itu ada yang bercabang, maka sahabat bisa membuat kan poin poin kecilnya.

Ketika sahabat menuls, tentu membutuhkan referensi, jadi sahabat tidak mengapa menggunakan nya, nanti sahabat bisa membuat catatan kaki, atau langsung menyebutkan nya pada daftar pustaka saja.
Sampai sini oahamkan sahabat?
Setakh itu, sahabat mulailah menuliskannya, tulislah sesuai dengan poin poin yang sudah sahabat rancang. Tulislah dengan baik. Tentukan target sahabat, jangan sampai tidak memiliki target, karena jika tidak ditargetkan, biasanya akan lupa dan mengabaikan nya, bisa selesai sangat lama jika tidak ditargetkan.

Targetkan sesuai dengan kadar kemampuan sahabat, yang terpenting adalah target, lau sahabat berusaha memenuhi target tersebut.

Setelah target, sahabat mulai menulis. Ketika tulisan  sahabat sudah selesai sesuai target, kini saatnya sahabat mengirimkan naskah ke penerbit. Oh iya, sahabat harus menuliskan tulisan sahabat dengan Font Times New Roman, size dua belas, spasi dua, ada juga yang spasi satu koma lima.

Sahabat, jangan lupa untuk memberikan Kata pengantar pada buku yang sudah sahabat tulis, bisa juga menambahkan dengan ungkapan terimakasih, lalu prolog, daftar isi dan sebagainya, seperti buku buku biasa. Kenapa sahabat membuatnya? Agar ketika lulus naskah, sahabat sudah tidak perlu repot-repot lagi membuatnya.

Untuk cover buku, sahabat tidak perlu repot-repot atau susah susah, ada tim work sendiri dari penerbit yang akan membuatnya. Jangan lupa memberikan nomor halaman ya sahabat, lalu pada bagian akhir, sahabat bisa memberikan sedikit informasi tentang foto sahabat.
Setelah naskah selesai, sahabat harus membuat sinopsis. Butalha sinopsis pada word baru sahabat, jangan campurkan dengan naskah tulisan.

Ketika semuanya sudah beres, sahabat tinggal menghubungi penerbit. Bagaimana caranya? Caranya sangat gampang sahabat. Di zaman yang serba canggih ini, sahabat bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai alamat penerbit dengan sangat mudah. Di internet, sangat banyak penerbit yang menerima naskah sahabat, atau jika sahabat malas mencari di internet, sahabat bisa membuka buku bacaan yang sahabat punya, nanti pada bagian awal, setelah cover biasanya penerbit mencantumkan alamat email dan nomor HP-nya, sahabat bisa menghubungi ke nomor dan email yang ada.
Mudahkan?
Atau, sahabat Ingin mengirimkan paket? Bisa sahabat, sahabat tinggal print out tulisan atau naskah sahabat, lalu kirimkan ke alamat yang sudah ada. Gampang kan?
Biasanya, pihak penerbit membutuhkan waktu tiga bulan lebih untuk mengoreksi atau menyeleksi naskah naskah yang masuk sahabat, mereka akan menghubungi sahabat kembali sesuai dengan tanggal atau bukan yang mereka sebutkan.

Ketika menghubungi Pihak penerbit, sahabat bisa memperkenalkan dirinya sahabat terlebih dahulu, lalu kemudian jelaskan maksud sahabat.
Biasanya, karena pihak penerbit sibuk, email atau pesan sahabat akan dibalas satu dua hari setelah pengiriman.
Bola mereka masih menerima naskah, mereka akan meminta sahabat untuk mengirimkan naskah dan meminta sahabat juga untuk menunggu beberapa bulan.
Sampai tahap ini, selesai sahabat. Sahabat tinggal menunggu waktu yang mereka tentukan. Biasanya sampai setengah tahun, dan selama setengah tahun itu, tidak mungkin kan sahabat tidak menulis?
Sahabat bisa menulis kembali, lalu mengirimkannya ke Penerbit lain, gampang kan? Ya, agar kemampuan menulis sahabat terus terasah.

Demikian sahabat, insyaAllah besok akan membahas mengenai cara menulis buku yang akan diterbitkan oleh perseorangan.
Semoga bermanfaat, selamat menulis, mencoba dan berkarya.

Tebarkan kebaikan lewat kata kata melalui tulisan. Berapa banyak orang yang pandai berbicara tetapi tidak pandai menulis? Berapa banyak orang yang pandai menulis tetaoi tidak pandai berbicara. Maka jadilah ke-dua duanya sahabat.
Selamat menginspirasi. Selamat berkarya.
Write write. Jadilah seperti ulama ulama terdahulu yang begitu tekun menulis, bertahun tahun hidupnya dihabiskan untuk menulis.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara menulis buku diterbitkan oleh penerbit Rating: 5 Reviewed By: Anita aa