728x90 AdSpace

Latest News
Friday, October 20, 2017

Cara Menulis Buku diterbitkan Sendiri

السلام عليكم و رحمة الله وبركاته
Alhamdulillah, bagaimana kabar sahabat? Semoga sehat selalu ya, dan tidak lupa pula selalu dalam lindungan Nya.
Alhamdulillah, sahabat pada kesempatan kali ini, sesuai dengan perkataan saya kemarin, bahwa kita akan membahas mengenai Cara Menulis Buku yang akan diterbitkan Sendiri.

Setelah kemarin kita membahas mengenai cara menulis buku yang akan diterbitkan oleh penerbit.
Sahabat, tidak berbeda jauh caranya dengan yang kemarin.
Sahabat pasti banyak bertanya tanya, apakah mungkin bisa menerbitkan buku sendiri? Ya kan? Saya juga dulu pernah berfikir seperti itu sahabat, namun lambat lain saya memahami dan mengetahui satu hal bahwa itu bisa, namun saya tidak mau hehehe, saya lebih memilih untuk menunggu berbulan-bulan kepastian akan tulisan saya, dan itu hanya bermodalkan keyakinan.

Nah sahabat, mungkin ada di antara sahabat sahabat yang ingin sekali memiliki buku tulisan sendiri, yang dapat Bermanfaat bagi banyak orang, namun masih kurang percaya diri untuk mengirimkan nya ke penerbit, tenang saja sahabat, sahabat masih bisa tetap menerbitkan buku sendiri kok, tenang, tanpa harus menunggu berbulan-bulan, namun sahabat harus mengeluarkan beberapa lembar duit ya.

Ini adalah jalan pintas bagi sahabat yang kurang percata diri dengan diri sendiri. Untuk langkah penulisan awal, sahabat bisa memulainya dengan ini, siapa tahu seiring berjalannya waktu, sahabat akan menemukan kepercayaan diri sendiri.
Siapa sahabat?

Untuk cara penulisan, saya kira saya harus mengulang kembali.
Pertama, seperti kemarin, sahabat perlu mencari dahulu jenis buku apa yang hendak sahabat tulis. Kemudian, pilihlah tema, lalu tentukan judul. Pilihlah judul dan teka sesuai dengan sasaran penulisan sahabat, apabila sahabat memiliki sasaran adalah anak muda, maka carilah judul yang berkaitan dengannya, jika target sasaran sahabat adalah anak sekolah, maka carilah tema dan judul yang tepat yang berkaitan juga tentunya, begitu seterusnya sahabat.
Paham kan sahabat?

Setelah jenis buku, tema dan judul sudah dapat, sahabat bisa membuat poin poin apa yang hendak sahabat masukkan di dalam isi buku sahabat. Pilihlah poin poin yang besar saja, jila poin poin besar sudah, barulah sahabat bisa menyisipkan poin poin kecil di dalam poin poin besar tersebut. Usahakan membuat catatan kaki ya sahabat, jika memang ada.

Sampai di sini paham sahabat? Semoga paham ya.
Sahabat bisa menulis dengan gaya bahasa sahabat sendiri, tidak meski dengan bahasa baku, tetaoi tetap kembali kepada jenis buku apa yang sahabat tulis ya, jika buku pelajaran tentu harus dengan bahasa baku kan? Hehe.
Setelah selesai, sahabat bisa membuat kata pengantar, halaman persembahan, ucapan terimakasih dan biodata. Untuk sinopsis, kemudian bio data sahabat, letakkan di paling belakang tulisan sahabat, untuk kata pengantar dan lain lainnya, sahabat bisa letakkan di halaman depan.

Sinopsis, letakkan di lembaran berbeda.
Jika sudah selesai. Sahabat tinggal menghubungi Percetakan. Sahabat tinggal mencari percetakan yang mau mencetak buku, jangan khawatir sahabat, banyak kok. Biasanya, promo ini ada di Instagram dan media sosial lainnya.
Tentu dengan persyaratan ya sahabat. Biasanya, sahabat akan dikenakan biaya dua ratus ribu, itu sudah masuk kepada biaya percetakan, pengedit, dan lain sebagainya.

Untuk langkah awal, sahabat cari terlebih dahulu di berbagai media, percetakan yang mau mencetak, setelah dapat, sahabat hubungi nomornya, lalu tanyakan bagaimana prosedur nya, tanya apa saja yang hendak sahabat tanya. Jika sahabat sudah merasa Yaqin, ikuti prosedur yang sudah dijelaskan, dan jalankan proses yang ada.
Biasanya sahabat akan diminta untuk mentransfer beberapa ratus ribu diit, kemudian untuk proses selanjutnya, sahabat harus menunggu bukunya selesai cetak.
Memang ada keuntungan dan kerugian sendiri sahabat, untungnya ialah sahabat tidak perlu takut karya sahabat tidak diterima, kesulitannya ialah sahabat akan sulit dalam masalah pemasaran, namun, jika sahabat memiliki strategi pemasaran yang cukup baik, saya rasa cara menerbitkan buku sendiri efektif buat sahabat yang jago dalam hal pemasaran.
Sahabat tidak perlu mencari cari pengedit sendiri, sahabat tidak perlu mencari orang yang jago dalam mendesain cover buku sahabat, sahabat tidak perlu menunggu hasil diterima atau tidak karya sahabat, sahabat tidak perlu harap harap cemas, dengan biasa dua ratus ribu, biasanya semuanya sudah komplit. Tenang saja sahabat. insyaAllah.

Semoga bermanfaat sahabat.
Jika belum merasa percaya diri dengan tulisan sahabat, sahabat bisa mengikuti langkah ini, tentu saja dengan resiko pemasaran sendiri ya, yang terpenting karya sahabat sudah mendapatkan editor dari pihak percetakan.
Demikian sahabat.. berkarya lah selagi muda, jika esok sudah tua, hanya puing puing penyesalan yang datang, berbagai pertanyaan akani muncul, salah satunya ialah " ngapain saja saya saat muda dulu?" , Mulailah dari sekarang sahabat, tidak ada kata terlambat kok.

Menulislah terus menerus. Jangan pernah merasa lelah dalam menulis. Dan ikatlah ilmu dengan tulisan, sebagaimana yang dilakukan ulama ulama kita terdahulu.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Buku diterbitkan Sendiri Rating: 5 Reviewed By: Anita aa