728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, October 7, 2017

Cara menulis daftar pustaka


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara Menulis Daftar Pustaka.
Ketika sahabat menulis sesuatu, baik itu Makalah, Buku atau jenis tulisan apapun, maka harus mencantumkan Daftar Pustaka. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sahabat menulis Daftar Pustaka. Nah, sahabat, daftar pustaka itu ada yang bersumber dari Buku, jurnal, dan lain sebagainya.
Ada beberapa hal yang harus sahabat perhatikan dalam menulis Daftar Pustaka, dan yang paling penting adalah mengenai tanda baca dan Urutannya.
Dalam menulis Daftar Pustaka, yang harus ada adalah, Nama, Tahun terbit, Judul buku, Kota dan nama penerbit.
1. Nama
Urutan pertama, saat hendak menulis Daftar Pustaka ialah menuliskan nama pengarang bukunya, jangan lupa untuk kembali namanya ya sahabat, nama depan menjadi nama belakang begitu pula nama belakang menjadi nama depan, setelah membalikkan namanya, jangan lupa bubuhkan tanda koma ya (,) seelah sahabat membalikkan nama pengarang, antara yang depan dan belakang, sahabat boleh menuliskannya, jangan lupa bunuji tanda koma ya, nah,. Jika buku referensi yang sahabat gunakan Memiliki dua pengarang atau lebih, maka hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya atau istilahnya na pengarang ke dua dan seterusnya tidak dibalik.. Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan, ingat sahabat, tanpa gelar tidak dimasukkan ya.
2. Tahun Terbit
Setelah sahabat menuliskan nama pengarang, mulailah mencantumkan tahun terbit dari buku yang sahabat gunakan sebagai referensi. Yang perlu sahabat perhatikan adalah tahun terbit buku yang sedang sahabat gunakan, jangan mudah terprovokasi dengan angka angka yang ada pada halaman awal, karena biasanya di sana juga tercantum berbagai cetakan dan tahunnya, sahabat hanya perlu mencantumkan tahun yang sahabat pakai atau buku yang sahabat gunakan diterbitkan, tahun tahun cetakan yang ada di situ tidak perlu.
3. Judul Buku
Kemudian, sahabat tulislah judul buku, ingat ya sahabat menukia judul bukunya harus lengkap, tidak boleh dipotong, nah untuk penulisan judul buku harus dItalic sahabat, atau ditulis miring, tidak seperti Nama pengarang, tahun terbit, dan lain sebagainya ,tidak dibold ya.
4. Kota dan Nama Penerbit
Setelah menulis nama atau pengarang bukunya, tahun terbit dan judul buku, maka yang terakhir ialah menuliskan kota terbit sahabat beserta nama penerbit.
Kota terbit ini merupakan kota dimana buku tersebut diterbitkan serta penerbit ialah nama penerbit yang menerbitkan buku tersebut. penerbitan dan nama penerbit yang menerbitkan. Ingat ya sahabat, Dahulukan penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Pastikan teman-teman menggunakan tanda titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.
Untuk langkah awal, agar sahabat tidak terlalu merasa keberatan atau kesulitan, silahkan sahabat tulis terlebih dahulu di atas sebuah kertas mengenai hal hal yang harus dicantumkan pada daftar pustaka, istilah lainnya ialah sahabat mendata lebih dulu, agar ketika hendak menulis kannya tidak harus bolak balik membuka halaman awal pada buku.
Yang perlu sahabat ingat juga, bahwa penulisan daftar pustaka bukan hanya dari buku saja, bisa dari jurnal, dari pdf, atau dari Sember lainnya.
Nah, masing masing dari sumber yang sahabat Miliki, semuanya memiliki cara dan penulisan yang berbeda, meski bedanya hanya sedikit tetapi tetap harus diperhatikan.
Demikian untuk kali ini sahabat, semoga bermanfaat.
Selamat mencoba.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara menulis daftar pustaka Rating: 5 Reviewed By: Anita aa