728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, October 10, 2017

Cara Menulis Fabel


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah sahabat, hingga detik ini Allah masih limpahkan berbagai kenikmatan kepada kita, dan semoga Allah cabut kenikmatan tersebut kepada kita, ketika kita sedang dalam keadaan baik pula.
Baiklah sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menulis Fabel. Saya yakin, pasti sahabat merasa pernah mendengar kata ini, atau sahabat merasa pernah berkali-kali mendengar nya, sehingga terasa tidak begitu asing lagi di Telinga. Ia sahabat, tentu saja perasaan sahabat benar adanya, hehehe, karena saat masih kecil, atau saat sahabat sedang duduk di bangku Sekolah Dasar(SD) , ada mata pelajaran(Mapel) Bahasa Indonesia, dan salah satu materinya ialah menulis dan diantara menulis tersebut terdapat diantaranya menulis Fabel. Masih ingat sahabat? Ayo, coba kita kembali ke masa masa indah tersebut, masa yang kata anak muda masa yang paling indah, dimana dia belum mengetahui bagaimana rasanya sakit hati yah baper deh.
Nah, Fabel adalah sejenis cerita sahabat, hanya saja dalam cerita ini menggabungkan binatang berbuat seolah-olah manusia. Binatang berbicara, binatang makan, binatang bercerita, binatang Bekerja dan lain sebagainya. Tentunya cerita ini sangat Kita masih dududk di bangku sekolah dasar pula sahabat. Dahulu, cerita yang paling kita gemari atau yang paling kita hafal adalah mengenai cerita tentang Singa si raja Hutan. Bagaimana sahabat? Masih ingat kisahnya? Semoga masih ingat ya. Nah, itu adalah Fabel sahabat, apakah kira kira sahabat bisa menulis Fabel? Atau kata lainnya, sahabat menulis sebuah cerita dengan tokoh tokohnya adalah binatang? Tentu saja bisa sahabat, atau lebih tepatnya harus bisa, karena ini memang lumayan mudah sahabat, tentunya bukan bagi mereka yang pintar, akan tetapi bagi mereka yang memiliki keterbatasan menulis, akan tetapi dengan keterbatasan tersebut mereka tekun, maka itulah orang yang akan Dengan mudah menulisnya, seperti halnya menulis skripsi sahabat, yah skripsi itu tidak hanya cukup diselesaikan oleh orang yang pintar, akan tetapi lebih kepada orang yang telaten atau tekun.
Nah, untuk cara penulisan Fabel ini, langkah awal, sama seperti ketika sahabat ingin menulis cerpen, tentukan dahulu tema yang akan sahabat angkat, jangan lupa ya, ini adalah kisah binatang. Setelah selesai mendapatkan tema, sahabat bisa mulai merancang judul, kira kira, judul apa yang pantas atau yang paling cocok untuk teka yang sahabat ambil.

Lalu, kira kira cerita atau kisah apa yang hendak sahabat muat pada cerita difabel ini, rancang sedemikian rupa sahabat, agar mudah dipahami oleh pembacanya, dan sebaiknya sahabat membuatnya dengan kalimat yang baik dan santun, agar bisa menjadi bajan bacaan yang sangat baik bagi anak anak, ketika sahabat membuat atau merancang cerita dan alur nya, sekaligus sahabat tentukan tokoh tokohnya ya sahabat, jangan sampai alur cerita sudah bagus, namun belum ada Tokoh tokohnya, karena sejatinya, ketika sudah ada rancangan, tentu di dalamnya sudah terdapat tokohnya.
Usahakan, tokohnya sesuai dengan watak atau sifat binatang pada umumnya ya sahabat. Jika Biasanya harimau dikenal dengan binatang yang buas dana menyeramkan, maka tulislah seperti mana adanya sahabat, jangan dibuat versi baru kalau ada binatang harimau yang baik hati dan kalem ya, itu menyalahi aturan namanya.

Nah kemudian, sahabat bisa mengangkat cerita sekitar binatang, sahabat bisa menerka nerka, atau mengira ngira, apa yang biasa dibicarakan atau menjadi konflik pada para binatang, kalau bisa, sahabat membuat ceritanya dengan beribu makna sahabat, atau cerita binatang yang memiliki makna atau pelajaran yang sangat banyak, agar cerita fabel yang sahabat buat tidak hanya sekedar cerita sahabat.
Jika sahabat Masih bingung, atau belum memiliki gambaran, sahabat bisa memulainya Dengan menuliskan cerita cerita yang ada pada fipm film kartun yang ada di Televisi. Mudahkan? Sahabat bisa menuliskan cerita yang ada pada fipm itu dengan tulisan, dengan bahasa yang sopan, dan menarik. Banyak kok sahabat, film kartun binatang yang ada di Televisi, seperti Bernard bird, Masya dan lain sebagainya, atau malah tom n jeri. Itu biaa sahabat, ya tentunya untuk para pemula penulis Cerita Fabel.
Saya akui sahabat, bahwa sampai saat ini sangat sulit ditemukan orang yang mampu menulis cerita Fabel ini, dapat dikatakan langka juga, maka dari itu, peluangnya sangat banyak untuk sahabat yang memiliki keinginan menulis cerita Fabel ini.
Saya kira sekian dulu pada kesempatan kali ini sahabat. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk menulis menulis dan terus menulis sahabat, karena akan ada sebuah jiwa menulis yang sahabat temukan ketika terus menerus menulis, yakinlah.
Menulislah bukan hanya sekedar ingin dikenal, tetapi menulislah untuk mengikat ilmu, menulislah agar ilmu yang sahabat miliki bermanfaat bagi siapapun, dan yang terakhir menulislah untuk menginspirasi, terimakasih.
Semoga bermanfaat sahabat, Sekali lagi jangan lupa menulis, menulis, dan menulis. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Fabel Rating: 5 Reviewed By: Anita aa