728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, October 8, 2017

Cara Menulis Feature

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Sahabat yang dimuliakan oleh Allah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Menulis Feature. Kata Feature ini berasal dari bahasa asing sahabat, yakni bahasa Inggris. Bagi sahabat yang nilai bahasa Inggrisnya bagus, mungkin bisa menerka atau mengetahui makna atau arti dari feature ini, bagi sahabat yang nilai bahasa Inggrisnya pas Pasan, belum tentu tidak mengetahui maknanya kan? Karena nilai bukan satu Satunya tolak ukur kecerdasan kan?
Nah sahabat, arti dari feature ialah Keistimewaan, kelebihan, keunggulan. Nah, sudah memiliki gambaran? Yah, feature ini sebuah teks yang berbentuk narasi, berisi tentang kelebihan seseorang sahabat. Ketika menuliskan nya kita harus melakukan wawancara terlebih dahulu, atau paling tidak, kita memiliki seseorang yang dekat dengan target yang akan kita tuliskan.
Sahabat, menulis feature ini, menurut saya adalah jenis tulisan yang lumayan mudah untuk ditulis, kenapa? Karena memang tidak memiliki ketentuan baku, bebas, apalagi ditulis dengan bahasa yang santai namun tetap dengan kata atau kalimat yang sopan.
Nah, langkah awalnya ialah, sahabat harus mencari terlebih dahulu siapa yang hendak sahabat tulis, atau narasumbernya. Sahabat harus mencari seseorang dengan kelebihan yang langka, sahabat harus mencari seseorang yang berjuangnya sangat kuat, dan lain sebagainya, intinya ialah sahabat harus menemukan satu kelebihan seseorang tersebut yang kira kira tidak dimiliki oleh orang lain, dan ini bukan termasuk hak yang mudah sahabat. Apabila sahabat kesulitan, sahabat boleh bertanya kepada teman sahabat, yang sekiranya Memiliki teman dengan kriteria keunikan dan kelebihannya lain daripada yang lain.
Sahabat tidak harus melakukan wawancara, dengan mengamati keseharian seseorang tersebut, sahabat sudah bisa menulis sebuah feature, mudah bukan? Akan tetapi, akan sangat baik, apabila sahabat lakukan wawancara, karena dengan wawancara, sahabat akan merasakan lebih ada nyawa pada tulisan yang sahabat buat, dan akan ada perkataan yang sangat kuat atau perkataan yang sangat menyentuh dari seseorang tersebut.
Setelah perihal di atas, sahabat bisa mulai merancang apa yang hendak sahabat tulis. Pastikan dahulu sahabat akan fokus kepada masalah apanya, apakah sahabat akan fokus pada perihal perjuangannya, perihal prestasinya, atau perihal lainnya yang kira kira memang sangat menginspirasi banyak orang.
Ketika rancangan sahabat selesai, mulailah untuk menuliskannya. Intinya saat menulis feature ini adalah Fokus sahabat, karena jika pembahasan feature yang sahabat buat tidak fokus, maka akan sangat disayangkan sekali, tentu featurenya akan mengalami kekurangan kualitasnya.
Langkah awal penulisan, sahabat dapat memperkenalkan siapa sosok yang akan sahabat tulis atau akan sahabat tulis. Jelaskan mengenai dirinya, perkenalkan dirinya, jika sahabat akan fokus kepada perjuangannya, maka bagian perkenalkan tentang dirinya atau objek yang sahabat ambil jangan terlalu panjang, karena takut akan melebar kemana mana. Cukup perkenalkan dengan singkat, agar pembaca memiliki gambaran.
Contoh :
Namanya Ialah liLia. Dia adalah anak pertama dari kelima adiknya. Wanita kelahiran Solo ini biasa disapa dengan Li. Li dikenal sebagai seorang wanita yang sangat tegar dalam menjalani kehidupannya.
Sudah sahabat sampai situ saja perkembangannya. Sahabat tidak perlu menjelaskan lebih dalam dan detile mengenai kehidupannya, karena kita akan fokus kepada perjuangannya, maka perkenalkannya tidak perlu panjang panjang.
Setelah itu, barulah sahabat mulai dengan menceritakan perjuangannya dalam menjalani kehidupan. Dalam feature tidak ada istilah pendahuluan ya sahabat, dia bebas, tidak ada aturan baku yang mengikat.
Sahabat bisa menjelaskan dengan detile mengenai perjuangannya, karena fokusnya adalah arah perjuangannya. Sahabat jelaskan dengan detile perjuangannya, Dengan kalimat atau kata kata yang mampu membuat pembaca merasa menyesal tidak mensyukuri kehidupan yang dinikmatinya.
Contoh.
Saya akan membuat feature lengkap ya sahabat, mengenai fokus kepada perjuangannya seseorang tersebut. Saya akan melanjutkan mengenai Lia tadi, perhatikan dengan seksama sahabat, semoga dapat dipahami dengan mudah ya.
Namanya ialah liLia. Dia adalah anak pertama dari kelima adiknya. Wanita kelahiran Solo ini biasa disapa dengan Li. Li dikenal sebagai seorang Wanita yang sangat tegar dalam menjalani kehidupannya.
Bagaimana tidak, Dia yang seharusnya menduduki bangku sekolah Menengah Atas itu harus merelakan masa mudanya dengan menghabiskan waktu nya mencari nafkah. Hidupnya hanya berkutat sekitaran pasar dan rumah. Begitulah ia yang hanya seorang pedagang asongan di pasar menghabiskan waktunya setiap hari.
Tidak ada hari yang istimewa baginya, selain waktu Shalat. Dia adalah wanita yang taat, meski dengan kehidupan yang sangat terbilang sederhana. Perjalanannya dalam menjalani kehidupan, tidak dapat dikatakan dengan mudah. Setelah shalat shubuh, ia harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki ke pasar Dengan jarak hingga 5 kilo meter. Setelah sampai pasar, dia akan berdagang, Dengan nafas yang masih belum benar benar teratur dia harus berdagang asongan, karena baginya satu menit itu adalah waktu yang sangat berat baginya. Dia hanya akan beristirahat ketika waktu Shalat tiba. Ketika sudah Maghrib, barulah dia akan kembali ke rumah nya dengan berjalan kaki pula. Meski lelah, tak pernah ada satu katapun yang menyiratkan bahwa dia kecewa Dengan kehidupan yang dimilikinya, karena baginya bisa menyekolahkan adik adiknya adalah sebuah kebanggaan baginya, meski akhirnya pendidikannya sendiri yang terkorbankan. Demikianlah Li dalam menjalani kehidupannya, tidak ada kata putus asa salam kamusnya. Semoga kita yang dapat menempuh pendidikan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

Nah, itu adalah contohnya sahabat. Ketika sahabat menyebutkan nama seseorang tersebut, sahabat tidak harus menyebutkan namanya terus menerus, akan tetapi, sahabat bisa menuliskan dengan kata sapaan yang berbeda-beda atau variasi, bisa Dengan dia, ataupun ia.
Pada akhir feature yang sahabat tulis, sahabat bisa menuliskan pesan yang ingin sahabat sampaikan keoada pembaca, meski Dengan kalimat yang sangat pendek..
Demikian sahabat, semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh..

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Feature Rating: 5 Reviewed By: Anita aa