Cara menulis Kalimat Persuasif

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah. Sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menulis persuasi.
Sahabat pernah mendengar kata ini? Pastinya pernah kan? Atau bahkan pernah membuatnya secara tidak langsung, atau sahabat tidak mengetahui nya? Hehe.
Sahabat, menulis persuasi sama seperti halnya sahabat mengajak seseorang untuk melakukan suatu kebajikan, hehe bukan berarti ustadz atau ustadzah ya sahabat, tidak.
Persuasi merupakan sebuah tulisan dalam bentuk karangan sahabat, yang juga ditulis Dengan bahasa himbauan, yang ditulis dengan bahasa yang menarik, dan menggiurkan agar pembaca Memiliki ketertarikan untuk terus membaca dan membaca, tentunya sahabat harus memaparkan bukti atau Fenomena yang sesuai dengan kondisi yang ada. Baik secara langsung atau tidak langsung.
Karangan ini, lebih kepada himbauan ya sahabat. Sahabat harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan pembaca yah. Hehe.
Sebenarnya, ini hampir seperti menulis teks atau naskah pidato sahabat. Hanya saja, teks atau naskah pada pidato akan disampaikan secara langsung, sementara tulisan persuasi biasanya tidak untuk disampaikan secara langsung ya.
Cara menulisnya, sahabat bisa mencari sebuah permasalahan atau Fenomena yang sedang marak terjadi di sekitar tempat tinggal sahabat.
Sahabat bisa mengangkatnya menjadi tema tulisan persuasi sahabat, ambillah tema yang sekiranya akan menimbulkan atau berdampak positif bagi pembaca. Sahabat bisa mengangkat tema apa saja sebenarnya, akan tetapi akan sangat lebih baik jika terkait fenomena yang sedang terjadi di masyarakat Sekitar sahabat.
Kalau bentuk tulisannya, ya seperti sebuah tulisan karangan biasa sahabat. Yang membuatnya berbeda hanya pada ada tidaknya himbauan yang dilakukan atau diajak dalam tulisan tersebut.
Mungkin, secara tidak langsung, sahabat pernah menuliskan nya. Atau jika sahabat hendak memulainya, sahabat bisa melihat lihat atau mencari cari sebuah poster terlebih dahulu, bebas poster apa saja, namun akan lebih baik jika poster tersebut mengenai alam atau apapun.
Sebagai contoh, sahabat menulis terkait sebuah fenomena anak muda yang ada di masyarakat Sekitar sahabat. Budaya atau kebiasaan anak muda yang suka mabuk-mabukan, atau berjudi, melihat fenomena tersebut, sahabat Ingin menuliskan persuasi.

BERHENTI MEROKOK ITU BAIK
Semakin tahun, jumlah perokok di Negeri ini selalu mengalami peningkatan yang sangat pesat. Jumlahnya yang semakin banyak dan terus membludak sebenarnya bukanlah sebuah tindakan benar yang diambil. Mending jika yang merokok adalah orang tua saja, lah ini, bukan hanya orang tua saja, akan tetapi anak muda pun mulai ikut ikutan, atau yang paling menyedihkan nya lagi ialah anak anak yang juga mulai ikut ikutan.
Angka perokok semakin hari selalu meningkat. Yang menyebabkan angkat perokok pasif pun meningkat.
Dimana mana selalu ada asap rokok, di jalanan, di dalam bus, di kamar mandi dimana pun, selalu saja sama, asap rokok, apalagi jika saat di pasar.
Merokok sama dengan membunuh dirinya sendiri loh. Lihat saja di bungkusnya, bukankah tertera tulisan bahwa Merokok membunuh mu? Tetapi mengapa tetap saja tidak membuat perokok jera? Mending jika akibatnya hanya bagi diri mereka sendiri, lah ini, akibatnya dirasakan oleh orang-orang di sekeliling nya juga kan?
Berapa banyak anak bayi yang sakit? Sesak nafas? Berapa banyak yang mati dikarenakan terlalu lama merokok? Berapa banyak yang sakit parah karena merokok? Namun bukti bukti itu tidak juga menyadarjan perokok, bahwa tindakan mereka adalah sangat salah.
Padahal, satu bungkus harga rokok bisa digunakan untuk biaya makan. Apalagi jika  merokok tiga bungkus perhari, dua bungkus perhari, bukankah itu sangat membahayakan diri sendiri? Padahal, jika perokok aktif berupaya, bisa saja mereka berhenti dari perbuatan buruk itu. Yang mengherankan ialah, harga rokok yang sangat mahal tetap saja menjadi buruan para perokok aktif, jika saja uang yang mereka gunakan untuk merokok ditabung, tentu hanya dlaam hitungan beberapa bulan, mereka sudah dapat memberi sebuah sepeda baru atau bahkan sepeda motor baru.
Dari penjelasan tersebut, tidakkah lara perokok aktif merasa tersentuh? Mari membelanjakan uang g rokok dengan mengganti nya membeli hal hala yang lebih bermanfaat. Mari mengubah pola hidup yang ketergantungan dengan rokok menjadi tidak lagi ketergantungan.
Berhentilah merokok, karena itu hanya sebuah tindakan sia sia, yang bukan hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga merugikan orang disekelilingnya, tegakah membuat orang tersayang Anda terkena penyakit karena menghirup asap rokok yang Anda hisap setiap menitnya?
Mari budayakan hidup tanpa rokok. Budayakan hidup sehat tanpa narkoba.

Itu adalah contoh persuasi sahabat. Dengan bahasa atau tatanan tulisan yang sedikit baku, namun tidak keseluruhan nya baku. Bisa dikombinasikan dengan tulisan santai atau bahasa yang santai sedikit saja. Tidak usah banyak banyak.
Sahabat bisa mengangkat tema tulisan mengenai remaja, kenakalan remaja, Tentang pengaruh gedhet, dan lain lainnya sahabat.
Mudahkan sahabat? Menuliskan nya dengan bahasa yang santai Dengan dikombinasikan bahasa baku. Shaabta seperti menulis biasa, hanya saja diawali dengan berbagai kenyataan yang ada di masyarakat atau seluruh pelosok negeri, kemudian sahabat paparkan dengan jelas , lalu membuat kalimat ajakan dengan berkali-kali, agar pembaca merasa terenyuh atau tersentuh ketika membaca. Nah, kalau sahabat mengangkat mengenai anak mudah, agar lebih mengena kepada pembacanya, sahabat bisa menyinggung mengenai orang tua, misalnya " tidakakh merasa kasiahn Dengan orang tua yang sudah membiayai hidup selama bertahun-tahun? "
Biasanya, anak muda, jika sudah dikaitkan dengan orang tua, mereka akan sangat mudah tersentuh hatinya sahabat, bahkan jika dapat menuliskan nya Dengan kalimat yang sangat menyentuh, anak muda itu bisa saja menangis, karena memang mereka sangat sensitif jika sudah menyangkut orang tua.
Demikian sahabat. Semoga bermanfaat, sahabat bisa menulis kalimat persuasif ya, karena memang ini adalah jenis tulisan yang sangat baik sahabat, apalagi jika sahabat memiliki kemampuan menulis dengan bahasa yang sangat menyentuh, tentu akan sanahat baik dampaknya bagi pembaca.
Teruslah menulis sahabat, karena berdakwah pun bisa dengan tulisan, tidak hanya di atas mimbar saja.
Berkarya lah selalu, salah satunya dengan tulisan. Bermanfaat lah dengan tulisan pula.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.