Cara Menulis Kamus Bahasa

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menulis Kamus Bahasa.
Sahabat pernah diminta untuk membuat kamus? Kamus apa saja, bisa Kamus Bahasa, kamus Ipa baik itu biologi, Fisika matematika, atau yang lainnya.
Saya pernah sahabat, saat saya masih duduk di bangku Sekolah menengah atas. Nah, saya kira, jika sahabat Sekarang sedang duduk di bangku sekolah menengah atas ke atas, atau perguruan, tentu sahabat pernah membuatnya, apalagi jika sahabat adalah anak sastra, membuat kamus tentu adalah sebuah tugas sehari-hari atau makanan sehari-hari. Iya tidak? Karena beberapa teman saya yang anak sastra bahasa Arab, mengalami hal yang katanya paling sulit ini.

Nah sahabat, langakh awalnya adalah tentukan dahulu kamus bahasa apa yang hendak sahabat buat atau sahabat tulis. Tentu sahabat sudah tahu kan bentuk kamus itu seperti apa dan bagaimana isinya? Tentu yang akan sahabat buat juga seperti itu, hanya saja, mungkin jika sahabat Ingin membuat versi yang berbeda, yang mungkin lebih baik atau lebih mudah digunakan, maka itu sangat baik tentunya sahabat.

Setelah sahabat menentukan kamus bahasa apa yang hendak sahabat buat atau tulis, kemudian buatlah kerangka penulisan nya. Sahabat bisa membuat kerangka nya dengan menggunakan pencarian berdasarkan abjad seperti kamus kamus biasanya, namun bisa juga dengan versi lainnya, tergantung kreatifitas sahabat masing masing. Mungkin ada kreasi baru.
Kemudian, ketika sudah memiliki kerangka sendiri, sahabat mulailah mengumpulkan kosa kata yang ada, yang hendak sahabat masukkan pada kamus tersebut. Kumpulan sebanyak banyaknya. Sahabat bisa menggunakan banyak referensi, bisa dari kamus, bisa dari kamus pdf danain sebagainya..yang penting, sahabat cari dan kumpulan kosa kata terlebih dahulu sebanyak banyaknya.

Jika sudah terkumpul, sahabat bisa memilah milahnya, kemudian mengelompokkan nya. Kelompok berdasarkan kerangka yang hendak sahabat buat. Banyak hal dan jenis kerangka yang bisa sahabat buat, selain kerangka penulisan seperti biasanya. Salah satunya ialah dengan membuat kamus dengan kelompok jenisny. Maksudnya bagaimana?
Nah, begini sahabat. Sahabat tahukan bentuk kamus seperti biasanya? Nah, cobalah untuk membuatnya dalam versi yang berbeda, agar banyak yang menyukai dan mempelajari nya.

Sahabat bisa membuatnya dengan mengelompokkan kata atau kosa katanya sesuai dengan jenisnya. Ketika satu jenisnya sudah terkumpul kata katanya atau kosa katanya, barulah sahabat buat pola seperti kamus biasanya, jadi, dalam kamus tersebut ada dia pola yang dipakai, yang pertama ialah pola pengelompokan berdasarkan jenisnya, kedua ialah dengan abjad. Sehingga mencarinya sangat memudahkan pembaca.
Semoga sampai di sini sahabat paham ya.
Mudah sekali kan sahabat? Nah, kumpulkan sebanyak banyaknya, lalu kelompok-kelompok berdasarkan jenis, kemudian susun berdasarkan abjad seperti kamus seperti biasanya.

Jadi, isi kamus yang sahabat buat tidak akan sama dengan kamus biasanya, kamus yang sahabat buat tidak monoton seperti kamus kebanyakan. Nah, sahabat bisa juga menambahkan gambar pada nama nama buah buahan, pohon pohon an, sayuran, benda dan lain sebagainya, sebagai gaya tarik tambahkan selain sistematika penulisan yang berbeda.
Apabila pengelompokan berdasarkan Jenisnya sudah, Penulisan dan pengelompokan berdasarkan Abjad sudah, menambahkan gambar pada beberapa benda, tumbuhan, sayuran, dan benda lainnya sudah, sahabat bisa membuat variasi lainnya, yakni dengan menambahkan warna pada bagian abjad yang ditulis. Misalnya, pada abjad A, sahabat menggunakan warna kuning, pada abjad lainnya harus dengan warna yang berbeda.

Oh iya, jadi kesimpulannya ialah, dalam satu kamus, akan terdapat banyak kamus, hehehe. Karena di dalam satu jenis kosa kata yang sudah dikelompokkan akan ada sistematika penulisan seperti kamuskan? Begitu sahabat. Banyak hal yang bisa sahabat variasi kan sebenarnya, dan saya sangat ingin menjelaskan nya dengan detail, namun ternyata sulit jika dijelaskan dengan tulisan ini sahabat.
Kemudian apa lagi? Nah, pada bagian halaman pertengahan, sahabat bisa menyelingi nya dengan materi tentang bahasa asing pemula, mungkin jika bahasa Inggris, sahabat bisa menjelaskan sedikit mengenai Subjek, Objek predikat, atau simple Past, Simple Continuous dan lain sebagainya, yang dapat menambah sedikit wawasan pembaca, jika kamus bahasa Arab, sahabat bisa mencantumkan sedikit materi juga, misalnya tentang pembagian kalimat dalam bahasa Arab, mulai dari isim, fi'il dan huruf, kemudian jelaskan lagi pembagian pembagian nya, jangan lupa cantumkan contohnya sahabat. Setelah semuanya selesai, sahabat bisa menghias bagian ujung ujung halaman dengan apa saja, bisa dengan gambar, bisa dengan warna, bisa pula Dengan tulisan tulisan unik yang memiliki makna, kalau bisa hiasannya dengan tulisan yang bermakna namun unik sahabat, karena sampai detik ini, belum ada kamus yang berbentuk demikian.
Jika sahabat dapat menangkap apa yang saya sampaikan, lalu sahabat mempraktekkan nya, dan memperhatikan dengan cermat, kemudian action atau langsung praktek, saya yakin kamus yang sahabat tulis atau sahabat buat akan menarik perbanyak kalangan, dengan berbagai variaatau model yang baru berbeda dari kamus biasanya. Sebenarnya saya ingin membuatnya sendiri sahabat, hanya saja, karena masih banyak tugas yang harus diselesaikan, saya belum memiliki kesempatan untuk membuat kan sesuatu yang ada di dalam benak saya.
Dan saya berharap, dengan tulisan saya, dengan ide saya yang saya bagikan kepada Sahabat semua, akan ada yang mempraktekkan dan mencoba membuatnya, kemudian membawa nya ke penerbit lantas menawarkan tulisan sahabat. Semoga ada ya, heheh. Saya yakin itu akan menjadi satu kamus yang diminati banyak orang, dikarenakan sistematika nya yang berbeda daripada kamus umumnya.
Semoga saja selamat berkarya sahabat, selamat menulis, dan selamat menyibukkan diri dengan menulis. Semoga ilmu yang sahabat tuangkan ke dalam tulisan akan bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, terkhusus bagi sahabat yang menulis nya.
Salah dan khilafnya saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.