Cara Menulis LPJ 1

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, sahabat pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menulis Laporan Pertanggungjawaban.
Sahabat pernah mendapatkan tugas membuat Laporan Pertanggungjawaban? Atau sahabat pernah mendengar kata ini? Atau sahabat pernah kesulitan membuatnya? , Saya kira, jika sahabat adalah seorang aktivis, pasti sahabat Tahu dan tidak asing lagi dengan kata ini, apalagi jika sahabat adalah seorang Aktivis yabg menduduki jabatan sekretaris, pasti sudah menjadi Makanan sahabat kan?
Laporan pertanggungjawaban ini banyak sahabat, ada yang laporan pertanggungjawaban kegiatan, ada pula laporan pertanggungjawaban Organisasi, dan lain sebagainya. Tergantung mana yang sahabat akan buay, namun, komponennya tentu sama semua sahabat.
Laporan pertanggungjawaban ini dibuat ketika sahabat sudah membuat, menjalankan, atau mengadakan sesuatu. Maka, ketika sahabat dan tim sahabat sudah melaksanakan Kegiatan, setelah kegiatan tersebut harus dibuat sebuah Laporan Pertanggungjawaban, Begitu pula dengan Organisasi, ketika masa jabatan sahabat dan teman teman sahabat habis, maka di akhir periode, sahabat dan teman teman yang lain harus membuat Sebuah laporan pertanggungjawaban.
Laporan pertanggungjawaban di sini, tentu untuk dilaporkan kepada pihak yang berwenang, siapa lagi kalau bukan pihak kampus ? Ya, bagi Mahasiswa tentu akan dilaporkan kepada pihak kampus, namun jika organisasi yang lain, pasti akan dilaporkan juga kepada pihak yang atasan.
Langsung saja sahabat, Pertama sekali tentu sahabat harus membuat Sebuah cover ya, sebagai tanda pengenal mengenai apa yang hendak sahabat sampaikan. Cover ini  bisa berisi pemberitahuan, atau judul besarnya, kemudian dilengkapi dengan Nama instansi, nama organisasi atau nama kegiatan yang sudah terlaksana, kemudian logo dan tahun organisasi tersebut berjalan, atau tahun kegiatan itu berlangsung.
Sampai di sini paham ya sahabat? Semoga saja.
Kemudian komponen selanjutnya ialah Pendahuluan. Yah, Pendahuluan di sini, sama dengan Pendahuluan di mana pun sahabat, sama seperti pembuatan Pendahuluan Makalah, Skripsi, Tesis dan karya tulis lainnya, hanya saja, pada Penulisan Pendahuluan pada laporan pertanggungjawaban ini tidak begitu diperlukan adanya teori teori Ilmiah ya g dikutip dari sebuah buku atau karya tulis atau karya ilmiah lainnya, sahabat diperbolehkan menuliskan Analisis sahabat sendiri.
Mengenai cara menulis Pendahuluan,sudah pernah saya tulis pada judulnya sendiri yang sahabat, sahabat bisa membacanya kembali.
Setelah itu, komponen selanjutnya ialah dasar pemikiran. Dasar pemikiran ini tentunya yang menjadi acuan bagi sahabat dan teman teman dalam melakukan atau menjalankan kegiatan dan organisasi. Hal ini tentu berbeda dengan Pendahuluan, di mana pada bab pendahuluan, tidak mengapa tidak terdapat teori Ilmiah, nah pada bagian landasan teori ini tentu teori olmiahenjado satu hal yang wajib sahabat. Sesuao dengan namanya kan?
Sebagai bahan acuan, sangat banyak kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok Organisasi dengan menggunakan Al quran dan hadis sebagai landasan teori dan ini tentu sh sah saja sahabat, bahkan sangat baik malah. Jadi, sahabat tidak terlalu pusing memikirkan nya, karena sahabat bisa mengambil landasan teori darimana pun, yang sekiranya sesuao dengan Kegiatan atau organisasi yang sahabat geluti.
Misalnya saja sahabat membuat laporan pertanggungjawaban mengenai kegiatan Komisi Pemilihan Umum atau KPI, nah sahabat bisa mengambil ayat ayat Al Qur'an yang berisi mengenai memilih pemimpin, bagaimana cara memilih pemimpin dalam soalm dan.laons sebagainya, itu dapat sahabat angkat menjadi Landasan teori loh ya.
Selanjutnya ialah landasan kegiatan, landasan kegiatan dengan landasan pemikiran tentu berbeda ya sahabat. Perbedaannya terletak pada namanya, hehehe bukan bukan. Akan tetapi landasan kegiatan di sini lebih mengacu kepada Aturan Umum, sementara yang landasan pemikiran lebih kepada yang khusu ya sahabat.
Paham kan? Semoga saja, insyaAllah di bagian bawah, saya akan memberikan contoh nya sahabat.
Selanjutnya ialah nama kegiatan. Nama kegiatan yang sedang sahabat adakan, bisa dicantumkan pada bagian ini.
Sahabat, sadar atau tidak sadar, sebenarnya antara komponen penulisan Proposal tidak begitu kauh berbeda dengan komponen penulisan Laporan Pertanggungjawaban kan? Di dalamnya sama sama ada Pendahuluan, ada nama kegiatan dan lain sebagainya, yang membedakan ialah, pada Proposal terdapat rincian dana yang akan diminta, sementara pada Laporan Pertanggungjawaban terdapat nota nota yang menjadi bukti penggunaan uang yang dicairkan.
Dan pada laporan pertanggungjawaban, tentu di dalamnya terdapat sebuah Laporan mengenai acara atau kegiatan atau organisasi yang dilaporkan.
insyaAllah komponen selanjutnya akan dibahas pada pertemuan besok sahabat. Hehe..
Sebagai contoh, Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan, ada di bawah ini:

PENDAHULUAN
Himpunan Mahasiswa (HIMA) merupakan wadah yang berguna untuk menyalurkan berbagai macam bakat dan aspirasi mahasiswa PGSD UPP Tegal. Lembaga kemahasiswaan ini memiliki peranan yang sangat berarti dalam proses pengembangan potensi mahasiswa PGSD UPP Tegal.
Sudah sewajarnya mahasiswa PGSD UPP Tegal mampu menuangkan dan mengembangkan kemampuannya sebagai calon guru. Mereka hendaknya mampu mengembangkan kemampuan akademik maupun non-akademik. Hal tersebut tentunya membutuhkan proses, dan harus dilaksanakan secara bertahap.
Kegiatan awal berupa pengenalan merupakan kegiatan yang sangat diperlukan bagi mahasiswa baru. Secara praktis, kegiatan pengenalan akan memberikan bekal kepada mahasiswa baru dalam mengenal lingkungan barunya di kampus PGSD UPP Tegal. Bekal tersebut digunakan untuk menghadapi masa perkuliahan yang akan mereka tempuh, sehingga perkuliahan itu mencapai hasil yang optimal untuk menjadi guru yang siap terjun ke masyarakat.
Oleh karena itu, pada hari Senin, Selasa, Rabu tanggal 20, 21 dan 22 September 2010, Himpunan Mahasiswa (HIMA) PGSD UPP Tegal menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010 sebagai ajang pengenalan kampus PGSD UPP Tegal kepada mahasiswa baru 2010 untuk menghadapi kehidupan akademik dan non-akademik di kampus tercinta ini.

LANDASAN PEMIKIRAN
“Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meningggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. (Q.S Al-Anam : 165)

”Ketahuilah bahwa kalian semua adalah pemimpin, dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian. Pemimpin diantara manusia akan ditanya tentang kepemimpinannya,..... (H.R Bukhari)

LANDASAN KEGIATAN
Undang-undang No.30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.
Program Kerja HIMA PGSD UPP Tegal Departemen Infokom Periode 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kemahasiswaan.

NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama ”Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010
Begitu sahabat, itu adalah Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus 2010, yang diadakan oleh HIMA PGSD UPP Tegal, Yeng menjadi Program kerja mereka.
Demikian sahabat, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.