Cara Menulis LPJ 2

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Apa kabar sahabat hari libur ini? Semoga tetap sehat selalu ya, dan semoga semakin rajin menulis dan ibadahnya.
Oh ya, sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan kemarin ya, dan sepertinya, ini juga akan dibahas pada kesempatan besok insyaAllah, karena memang banyak komponen di dalamnya yang harus sahabat masukkan.
Ya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menulis Laporan Pertanggungjawaban. Kemarin, Alhamdulillah kita sudah membahas mengenai cara menulis beberapa komponennya ya sahabat, Mulai dari Cover, Pendahuluan sampai kepada Nama kegiatan.
Nah, sahabat, setelah menulis nama kegiatan, selanjutnya yang harus sahabat tulis ialah Tema kegiatan. Segala sesuatu yang dilakukan tentu memiliki tema sahabat, apalagi sebuah kegiatan, rasanya tema itu menjadi sebuah hal yang sangat penting, karena dengannya kegiatan akan terasa memiliki jalan atau alurnya sendiri.
Sahabat, ketika menulis Tema pada Laporan Pertanggungjawaban ini, tulislah dengan tulisan yang dibold atau di italic, pahamkan sahabat apa itu bold? Dan italic?  Bold itu tulisan yang ditebalkan, dan italic itu tulisan yang dimiringkan. Sahabat bisa mencarinya pada salah satu icon yang tersedia di word. Biasanya, sebelum sahabat menuliskan kalimat temanya, sahabat membutuhkan kalimat pengantar, meski dengan kalimat yang sangat pendek, misalnya " Dengan demikian, Tema kegiatan yang telah diselenggarakan ialah ..... " , insyaAllah nanti pada bagian akhir seperti kemarin, saya akan berikan contohnya sahabat, tenang saja yah.
Kemudian apa lagi? Masih banyak sahabat, sabar ya.
Selanjutnya ialah Bentuk kegiatan. Bentuk, dalam kamus Besar bahasa Indonesia(KBBI) Memiliki banyak arti sahabat, salah satunya ialah gambaran. Nah, dalam penulisan Laporan Pertanggungjawaban ini, sahabat wajib memaparkan secara terperinci mengenai gambaran atau bentuk kegiatan yang telah diadkan. Sahabat bisa menuliskan nya dengan bentuk Poin poin, agar lebih mudah dibaca dan dicerna oleh pihak yang kita tuju.
Kalau menulis bagian ini, sahabat boleh menggunakan kalimat pengantar seperti menulis Tema kegiatan tersebut, namun bisa juga langsung ke bagian tersebut, yakni menjelaskan atau memaparkan jenis kegiatan yang telah dilakukan atau diadakan.
Jadi, sebelum ke bagian selanjutnya, hal yang harus dan wajib sahabat ketahui dan lakukan sebelum menulis Laporan Pertanggungjawaban ini i adalah, mengumpulkan segala dokumentasi kegiatan dengan rapi, agar saat menyusunnya tidak begitu sulit, dan satu lagi, pengarsipan surat surat kegiatan ini juga menjadi pembantu sahabat ketika menyusun laporan, jika semuanya tidak ada, maka akan sangat sulit untuk dilakukan, karena hanya bisa mengandalkan ingatan teman teman panitia sahaja.
Okeh, lanjut ya sahabat, poin atau komponen selanjutnya ialah tujuan kegiatan.
Ketika kegiatan akan dilakukan atau dilaksanakan, sahabat dan Panitia atau teman teman lain pasti mengadakan rapat kan? Dan membahas banyak hal kan? Dan salah satu yang dibahas ialah Tentang tujuan diadakannya kegiatan tersebut kan? Maka saat sahabat menuliskan bagian ini, sahabat bisa menyalin atau istilah gaulnya Copas lah dari file Proposal, karena kebetatau tidak, pada poin penulisan proposal, di dalamnya ternyata juga terdapat poin yang sama. Jadi, sahabat tidak terlalu harus pusing pusing membuat tujuan kegiatan lagi, apalagi harus berfikir keras yang ujung ujungnya akan asal asalan hehe.
Selanjutnya yang harus sahabat tulis ialah, Waktu pelaksanaan. Hal ini juga ada pada Proposal, sahabat bisa Copas lagi, yang terpenting tentu adanya waktu kegiatan ya sahabat, yakni tanggal bulan dan gahun, tempat serta jamnya, harus lengkap. Gunakan kalimat pengantar sahabat, seperti ketika menulis Tema tadi ya. Gunakan kalimat yang simpel.
Okeh baiklah, sampai di sini dulu ya sahabat. Selanjutnya yang insyaAllah besok akan kita bahas.
Sebagai contoh penulisan tema dan Sebagainya ada di bawah.

TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertema  Dengan PEKKA 2010, kita wujudkan solidaritas dan kepedulian terhadap lingkungan kampus.

BENTUK KEGIATAN
1.Pengenalan Lingkungan Kampus
2.Sosialisasi Sistem Akademik Terpadu (SIKADU)
3.Sosialisasi Organisasi-Organisasi Kemahasiswaan
4.Bakti Kampus
5.Outbond
6.Achievement Motivation Training (AMT)
8. Pentas Seni

TUJUAN KEGIATAN
1.Meningkatkan kesadaran berpikir mahasiswa tentang keberadaan lembaga kemahasiswaan di UPP Tegal.
2.Memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya ikut serta dan berperan aktif untuk memajukan kegiatan kampus, termasuk menyukseskan kegiatan PEKKA 2010.
3.Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya membina hubungan sesama mahasiswa, hubungan dengan dosen dan warga kampus lainnya.
4.Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang pentingnya mengenal lingkungan kampus.
5.Membantu mahasiswa untuk mencintai lingkungan barunya.
6.Membantu mahasiswa dalam memahami visi dan misi organisasi kampus sehingga tumbuh semangat untuk mewujudkannya.
7.Mempersiapkan diri mahasiswa menghadapi perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya.
8. Menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa.

PELAKSANAAN
Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PEKKA) 2010 dilaksanakan pada :
Hari, tanggal : Senin - Rabu, 20-22 September 2010
Waktu : Pukul 06.30  selesai.
Tempat : Kampus PGSD UPP Tegal
Bakti kampus Tegal 2010  dilaksanakan pada :
Hari, tanggal : Rabu, 22 September 2010
Waktu : Pukul 07.30 WIB - selesai
Tempat : Kampus PGSD UPP Tegal
Demikian sahabat, masih lumayan banyak lagi komponen yang harus dipenuhi dalam Laporan Pertanggungjawaban, mulai dari susunan panitia, hasil kegiatan dan lain sebagainya. Dimana setiap komponen tersebut harus ada dan masuk dalam isi laporan pertanggungjawaban yang sahabat laporkan.

 Semangat sahabat, selamat mencoba dan selamat terjun ke dunia penulisan. Jika sahabat sudah menggemari dunia tersebut, sahabat akan terlena dibuatnya, maka berhati-hatilah. Hehehe.
Selamat menulis, dan selalu ingatlah pepatah " Ikatlah ilmu dengan tulisan " , berkarya lah dengan tulisan sahabat, dan tebarkan pula cinta dan kasih sayang lewat tulisan, dan satu lagi, Perbanyak lah kebaikan dengan tulisan.
Semoga bermanfaat, salah, kurang dan khilafnya saya mohonaaf, karena saya pun masih dalam proses belajar, ya belajar yang memang tidak akan pernah ada habisnya.
Nasehati tulisan saya sahabat jika kiranya terdapat kesalahan dan kekeliruan.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.