728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, October 12, 2017

Cara Menulis Makalah Part 1


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Sahabat yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Cara menulis Makalah.
Sahabat tentu sudah sering membuatnya kan? Atau bagi yang masih baru menempuh semester satu bisa jadi menulis Makalah ini adalah tugas yang paling menyebalkan dikarenakan bekum terbiasa, jika sudah terbiasa, mungkin akan menjadi mudah.

Nah, sahabat, biasanya ada banyak tipe dosen dalam menulis Makalah. Ada yang menetapkan standard, ada yang biasa saja atau tidak begitu ketat dan lain sebagainya. Namun, agar kita terbiasa menulis Makalah dengan benar, maka ada baiknya meski dosen pengampu agakah tipikal dosen yang tidak begitu memperhatikan Makalah, alangka sangat baiknya kita membiasakan nya Dengan membuat makalah sesuai dengan standard yang telah ada.

Sahabat, Makalah merupakan sebuah tulisan yang termasuk ke dalam kategori karya ilmiah, karena so dalamnya memuat berbagai macam teori. Karena jika sebuah Makalah tidak memiliki teori, maka bukan Makalah atau karya ilmiah namanya.
Banyak aspek yang harus ada di dalam sebuah Makalah sahabat. Dan intinya hanya ada tiga permasalahan, yakni apa permasalahan yang sahabat akan tulis, kemudian apa tujuannya, dan langkah apa atau solusi apa yang sahabat tawarkan, ingat sahabat solusi harus ada, jangan hanya sibuk membuat permasalahan tetapi lupa menyertakan solusi.

Yang paling dasar ialah, sahabat harus mengetahui terlebih dahulu bagian internal yang harus dipenuhi dalam sebuah Makalah. Pertama ialah tata cara penulisan, sahabat, ingat ya, ketika membuat makalah, buatlah tulisannya dengan menggunakan Fint Times New Roman, Dengan size 20, Untuk tulisan Arab, jika sahabat ada ya g mencantumkan Hadis, maka standard penulisan hadis ialah Font Tradisional Arabic, dengan Size minimal 16 maksimal 18. Margin, Jangan lupa diatur ya sahabat. Pengaturan margin dapat sahabat sesuai dengan peraturan, yakni atas 4, bawah 3, kiri 4 dan kanan 3. Kenapa yang kiri 4? Iya sahabat agar saat di jilid tulisan sahabat tidak terkena jilidan yang menimbulkan dampak tidak bisa dibaca. Untuk mengatur rata kanan kiri sahabat, agar tidak berantakan, maka sahabat bisa memilih Justify pada kolom yang berada di menu Home, sebelah Paragraf. Untuk Paragraf, sahabat bisa memggi1.5 , nah ada pengecualian dalam penulisan terjemah bahasa Arab, ketika sahabat menuliskan terjemah dari bahasa Arab, maka sahabat wajib membuat tulisan Dengan italic atau tulisan miring, kemudian berikan Paragraf cukup 1.0 saja, jangan lupa beri atau bubuhkan tanda petik saat memulai terjemah tersebut. Cantumkan Nomor Halaman. Cover dan awal bab yang ada tulisan Bab 1 dan seterusnya, tidak dicantumkan nomor halaman, cukup dihitung saja, dan halaman berikutnya tetap dengan halaman seharusnya. Cantumkan referensi sahabat, bisa dengan Foot note, atau bisa juga langsung ke Daftar pustaka, namun alangak lebih baiknya jika digunakan kedua duanya, untuk mempermudah para pembaca.
Itu adalah aturan baku sahabat dalam penulisan, yang semua orang harus sama dan mematuhinya. Hehe, memang sebuah peraturan yang sudah digunakan. Untuk masalah aturan penulisan yang paling umumnya sudah sahabat, Untuk yang khusus belum kita singgung.

Nah, maksud saya tadi ada jenis atau tipe dosen yang ketat dan ada yang longgar ini masalah di komponen isi dan sistematika Makalah sahabat, bukan kepada aturan atau tatanan penulisan. Jika aturan penulisan semua dosen sama saja, tidak ada yang berbeda, mulai dari jenis Font atau tulisan yang dipakai, ukurannya dan lain sebagainya.

Untuk komponen, ada dosen yang mengharuskan sebaib Makalah sistematika nya persis seperti sebuah Skripsi atau prossal Skripsi, atau tesis dan disertasi. Nun, ada pula dosen yang hanya mencukupkan dwamgn adanya Pendahuluan, Pembahasan dan Peniti, karena baginya tiga ini adalah yang paling pokok. Mengenai tujuan pembahasan dan lain sebagainya itu tidak begitu penting.
Sahabat, untuk halaman pertama. Sahabat harus membuat cover atau sampul makalah terlebih dahulu. Cantumkan Mata kuliah yang sahabat tempuh tentunya yang berkaitan dengan Makalah yang sedang sahabat tulis, kemudian cantumkan pula topik yang sahabat ambil, lalu masukkan logo, baru kemudian Nama dosen pengampu, di bawahnya nama sahabat dan nim, atau jika ada temannya atau jika tugas kelompok, cantumkan seluruh Teman sekelompok sahabat dan jangan lupa cantumkan Nim ( nomor induk Mahasiswa) . Di bawahnya lagi, cantumkan nama program studi sahabat terlebih dahulu, di bawahnya kemudian Nama Fakultas dan yang terakhir ialah nama Universitas. Cara mengingatnya agar mudah ialah, urutkan dari yang paling kecil, yakni tingkat jurusan, lalu Fakultas dan yang paling besar ialah Universitas.

Setelah lembar cover atau sampul, biasanya ada yang mencantumkan kata pengantar, tapi biasanya, saya tidak membuat atau mencantumkan nya, saya langsung ke Pendahuluan sahabat atau biasa juga disebut latar belakang. Mengenai cara menulis latar belakang atau PENDAHULUAN, saya sudah pernah membahasnya sahabat, mungkin sahabat bisa membaca kembali pada postingan yang lalu.

PENDAHULUAN atau latar belakang, merupakan bab 1 sahabat. Jadi, ketika sahabat akan memulainya, maka mulai lah menuliskan " BAB 1" Pada lembaran paling atas, lalu di enter, kemudian di bawah tulisan tersebut Cantumkan tulisan '" Pendahuluan atau Latar belakang " , setelah keduanya selesai, sahabat bisa langsung memblok ke duanya, dan meletakkannya ke tengah, atau bagian tengah.
Setelah itu, barulah sahabat menuliskan latar belakang. Oh iya sahabat, ada tiga poin yang ada di dalam bab 1, 1. Latar belakang, yang ke dua ialah Pokok Bahasan, dan ya g terakhir adalah tujuan.
cara membuat Pokok Bahasan dan manfaatnya bisa dikatakan tergolong mudah sahabat. Karena sahabat tentu sudah mengetahui apa yang akan sahabat bahas, ala saja, toh sudah ditentukan oleh dosennya, apa saja yang akan dibahas di dalam makalah. Nah, untuk tujuan, cara membuatnya dengan mudah ialah, tuliskan dengan mengaitkan antara Pokok pembahasan Dengan tujuan sahabat. Mislanya, Pokok Pembahasan nya ialah , Bagaimana Syarah yang digunakan oleh Ibn Hajar dalam mensyarah kitab Sahih Bukhari, nah tujuannya ialah dengan menambahkan kata " untuk mengetahui Syarah yang digunakan ..dan seterusnya . " Sahabat tinggal mengganti kata tanya pada pokok pembahasan menjadi kalimat " untuk mengetahui " hal ini berlaku untuk poin poin selanjutnya sahabat. Jadi, jika Pokok pembahasannya ada lima, maka tukuan atau manfaatpun harus ada lima.
Sebagai contoh :
                                        BAB I
                               PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Trasnmisi gagagsan gagasan pembaruan merupakan bidang kajian Islam yang cukup terlantar. Berbeda dengan banyaknya kajian tentang transmisi ilmu pengetahuan, misalnya dari Yunani kepada kaum Muslim dan selanjutnya kepada Eropa Modern, tidak terjadi kajian komprehensif tentang transmisi gagasan gagasan keagamaan-khususnya gagasan gagasan pambaruan-dari pusat pusat keilmuan Islam ke bagian bagian lain dunia Muslim. Tentu saja terdapat sejumlah studi tentang transmisi Hadis dari satu generasi ke generasi berikutnya pada masa awal Islam melalui ‘isnad-mata rantai trasnmisi-yang berkesinambungan.
Kajian tentang trasnmisi dan penyebaran gagasan pembaruan Islam khususnya pada masa menjelang ekspansi kekuasan Eropa dalam abad ke-17 dan ke 18, penting karena beberapaalasan. Sejarah social intelektual Islam pada periode ini sangat sedikit dikaji, kebanyakan perhatian diberikan kepada sejarah politik Muslim. Karena terjadinya kemerosotan entitas entitas politik Muslim, periode ini sering dipandang sebagai masa gelap dalam sejarah Muslim. Berbeda dengan pandangan bahwa abad ke 17 dan ke 18 merupkan salah satu masa yang paling dinamis dalam sejarah social-intelektual kaum Muslim.
( Dan seterusnya ... )

1.2. Pokok Pembahasan
1. Siapkah Abd Rauf Al Sinkili itu?
2. Bagaimana corak pemikiran nya?
3. Apa saja kitab hadisnya?

1.3. Tujuan
1. Untuk mengetahui biografi Abd Rauf Al Sinkili
2. Untuk mengetahui corak berpikir Abd Rauf Al Sinkili
3. Untuk mengetahui kitab hadits nya.

Sahabat, jika dilihat sekilas, tidak ada sangkut paut antara latar belakang Dengan Pokok Pembahasan dan tujuan kan? Sebenarnya ada sahabat, hanya saja itu terdapat di bagian bawah, itukan hanya potongan latar belakang nya saja.

Demikian sahabat, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Makalah Part 1 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa