728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, October 14, 2017

Cara Menulis Makalah Part 3

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah sahabat, pada pagi menjelang ini Allah turunkan Rahmat Nya dalam berbagai bentuk.

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Cara menulis Makalah part 3. Sahabat, ini adalah lanjutan dari tulisan kemarin dan kemarin nya lagi ya. Dimana saya menulis dengan judul Cara Menulis Makalah dengan tambahan ada yang part satu, part dua dan ini adalah part ke tiga, yang terakhir ya sahabat.

Nah, kemarin kita sudah membahas mengenai bagaimana cara menulis Pendahuluan, dan apa saja yang harus ada pada Bab Satu, kita juga sudah membahas mengenai apa saja yang dibahas pada bab ke dua atau pembahasan, itu semua sudah kita bahas sahabat, untuk mengenai standard penulisan Makalah, mulai dari ukuran huruf, jenis huruf , spasi dan lain sebagainya juga sudah beberapa saya singgung.

Kali ini, adalah bab 3. Bab tiga ini berisi penutup sahabat, yang memuat Kesimpulan.

Kesimpulan, sahabat tentu sering menyimpulkan sesuatu kan? Mengenai hal apa saja, menyimpulkan sebuah isi buku, menyimpulkan sebuah masalah, tentu sahabat pernah bahkan sering.

Jika sahabat suka membaca novel, tentu pada cover terakhir nya ada sinopsis ceritanya kan? Nah, seperti itulah kesimpulan sahabat. Dan kesimpulan yang paling baik adalah, yang dapat membuat pembaca memahami isi makalah atau buku sahabat tanpa harus membaca seluruh isi bukunya. Itu adalah tolak ukur kesuksesan seseorang membuat kesimpulan sahabat, jika dia berhasil membuat pembaca paham tanpa harus membaca seluruh buku, maka itulah yang dinamakan dengan kesimpulan yang paling baik.

Begitupun dengan Makalah, kesimpulan sahabat akan dinilai berhasil apabila hanya dengan membaca kesimpulan di Makalah sahabat, pembaca akan langsung memahami keseluruhan isi makalah sahabat.

Bentuk dari kesimpulan itu bisa dibuat Dengan dua macam sahabat, ada yang dalam bentuk narasi dan ada yang dalam bentuk point. Dari kedua kesimpulan tersebut sahabat bisa memilih mana bentuk yang sahabat suka atau senangi, kalau saya lebih senang dua duanya sahabat, hehehe. Saya suka membuatnya dalam bentuk narasi karena saya suka membuat narasi, dal bentuk point, ya agar lebih mudah dipahami.

Sebelum masuk ke poin, sahabat harus memberikan kalimat dahulu, tidak perlu panjang panjang sahabat, yang penting adalah ada sedikit pengantar bahwa sahabat akan memberikan kesimpulan, seperti contohnya : Dari pembadi atas, maka dapat diambil empat kesimpulan, yaitu :

Itu adalah pengantar jika sahabat akan membuat kesimpulan dalam bentuk Poin poin.

Untuk membuat kesimpulan dalam bentuk narasi, sahabat bisa langsung kepada kesimpulan inti, yakni yang paling penting dari isi makalah yang sahabat buat. Kesimpulan ini, bisa sahabat ambil mulai dari Pengertian(pembahasan dalam makalah sahabat), kemudian dilanjutkan dengan pembahasan lain, misalnya contoh . Yang terpenting adalah sahabat harus membuat kesimpulan dengan ringkas tetapi dapat memuat seluruh aspek yang ada di dalam pembahasan makalah.
Sebagai contoh, di bawah ini adalah kesimpulan dari Makalah saya sahabat.

BAB III
KESIMPULAN
Abd al Ra’uf bin ‘Ali al Jawi al Fansuri al Sinkili, sesuai dengan namanya, bahwa Ia adalah seorang Melayu yang berasal dari Fansur, Sinkil atau dalam sebutan bahasa modernnya disebuat dengan singkel, yang berada di wilayah pantai Barat-Laut Aceh. Tahun kelahirannya sama dengan ulama ulama lain, yakni belum pasti, hanya saja ada beberapa pendapat mengenai hal ini, karena biasanya untuk melacak atau mengetahui kelahiran seseorang dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melihat riwayat hidupnya dan melihat kepada karangan karangannya. Rinkes setelah mengadakan kalkulasi belakang setelah kembali dari Timur Tengah ke Aceh menyarankan atau mengatakan bahwa ‘Abd al Ra’uf dilahirkan pada tahun berkisar antara 1024 H atau bertepatan dengan 1615 M, hal ini dinyatakan dalam bukunya yang berbahasa Arab di terbitkan di daerah Hepkema pada tahun 1909. Dari perjalanannya, dia memiliki guru guru yang sangat banyak. Al sinkil menulis buku diperkirakan sekitar 22 buku, dan diantara seluruh bukunya hanya ada dua buku yang membahas mengenai hadis, lainnya membahas mengenai tasawuf, fiqh dan lain sebagainya.

Itu yang dalam bentuk narasi sahabat, kalau yang dalam bentuk Poin seperti di bawah ini.

BAB III
KESIMPULAN
Dari pembahasan mengenai dakwah tersebut, maka diambil empat kesimpulan, yaitu :
1. Dakwah merupakan sebuah perkara yang wajib dilaksanakan oleh setiap insan yang bernyawa dan berakal sehat, orang yang berdakwa dapat disebut sebagai Mubaligh.
2. Dakwah yang paling efektif adalah dakwah seperti yang dilakukan oleh Rasulullah, yakni berdakwah dengan Tutur kata yang lembut dan Akhlak yang terpuji.
3. Sumber dakwah haruslah tetap berpegang pada sumber Islam, yakni Al Qur'an dan as Sunnah.
4. Kewajiban dalam berdakwah terdapat di dalam Al Qur'an dan hadis, seperti dalam Al Qur'an Surat an Nahl ayat 21. Dengan penggalan kalimat " Serulah kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah... "

Nah, dari kesimpulan yang saya buat, apabila sahabat dapat menerka atau mengetahui Pembahasan dalam makalah yang saya buat, ya lebih ringkas nya adalah memiliki gambaran pada pembahasan makalah saya, maka bisa dikatakan saya berhasil menulis kesimpulan dalam makalah saya, namun jika sahabat masih merasa belum mengetahui atau memiliki gambaran, itu menandakan bahwa saya belum cukup sukses membuat kesimpulan pada makalah saya sendiri.
Demikian sahabat, semoga bermanfaat. Yang terpenting dari menulis kesimpulan adalah Inti Inti pada pembahasan yang dapat dimuat dengan keseluruhan Pembahasan.
Jangan bosan untuk terus menulis sahabat. Karena menulis itu bukan soal bakat, akan tetapi lebih kepada soal biasa dan usaha seseorang.
Menulis dan teruslah menulis sahabat. Ikatlah ilmu dengan tulisan. Kita bisa dengan mudah belajar seperti sekarang ini merupakan berkat tulisan dari ulama ulama terdahulu yang mengikat ilmunya dengan tulisan.
Berproses dan berkarya lah dengan tulisan.
Menulis menulis dan menulis sahabat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Makalah Part 3 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa